Gereja Blenduk Semarang Direnovasi Total, Bagian Kubah Ditambal

PUPR kerjakan renovasi Gereja Blenduk

Intinya Sih...

  • Gereja Blenduk menjalani renovasi menyeluruh pada interior dan eksterior, dikerjakan oleh Kementerian PUPR dengan anggaran Rp32.795.000.000.
  • Proyek renovasi Gereja Blenduk menggunakan alokasi biaya dari APBN 2024, ditangani oleh Ditjen Cipta Karya Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah I Provinsi Jawa Tengah.
  • Pekerja proyek dibayar Rp115 ribu per hari untuk mengganti kayu blandar, memperbaiki dinding yang retak-retak, dan mengganti seluruh atap kubah Gereja Blenduk.

Semarang, IDN Times - GPIB Immanuel Semarang atau kerap disebut Gereja Blenduk tengah menjalani tahap renovasi secara menyeluruh pada bagian interior dan eksterior. Proses renovasi dikerjakan mulai Mei 2024 dan ditargetkan rampung awal Desember 2024 mendatang. 

Menurut Ida, seorang pengurus Gereja Blenduk, renovasi Gereja Blenduk dikerjakan secara menyeluruh dan yang berwenang adalah Kementerian PUPR. "Ini semua yang mengerjakan dari PUPR. Anggarannya juga dari pusat. Kami sendiri merasa sangat terbantu," katanya kepada IDN Times, Rabu (17/7/2024). 

Baca Juga: Viral Seluncuran di Bendungan Pleret Semarang, Ingat Jaga Keselamatan

1. Biaya renovasi Gereja Blenduk tembus Rp32 miliar

Gereja Blenduk Semarang Direnovasi Total, Bagian Kubah DitambalSisi depan Gereja Blenduk Semarang terpampang informasi tahapan renovasi. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dari keterangan laman resmi LPSE, proses renovasi Gereja Blenduk menghabiskan pagu anggaran mencapai Rp32.795.000.000.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) telah melaksanakan lelang terbuka dengan menggunakan alokasi biaya bersumber dari APBN 2024.

Kementerian PUPR saat ini menunjuk Ditjen Cipta Karya Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah I Provinsi Jawa Tengah sebagai pemegang kendali proyek renovasi Gereja Blenduk. 

2. Pekerja proyek ditugasi tambal dinding

Gereja Blenduk Semarang Direnovasi Total, Bagian Kubah DitambalBagian samping kiri Gereja Blenduk Semarang juga diperbaiki menyeluruh. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Hampir saban hari sejumlah pekerja proyek disibukan dengan pekerjaan mengganti kayu blandar di dalam gereja yang sudah keropos maupun usang. 

Aham, seorang pekerja proyek renovasi Gereja Blenduk mengaku dibayar Rp115 ribu per hari untuk memperbaiki dinding gereja yang retak-retak. 

"Saya sudah dua minggu ngerjain penambalan dinding. Kalau ada yang retak, kita tambal, bahannya juga sangat khusus. Aci dan plesternya gak bisa sembarangan," tutur pria asal Demak ini. 

3. Atap Gereja Blenduk ada yang dibongkar, ada juga ditambal

Gereja Blenduk Semarang Direnovasi Total, Bagian Kubah DitambalDinding Gereja Blenduk Semarang nantinya diperbaiki. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Karena bagian atap banyak yang bolong-bolong, dirinya juga terlibat pekerjaan mengganti seluruh atap kubah Gereja Blenduk. Tampak dari luar beberapa sisi kubah Gereja Blenduk diselimuti terpal biru. 

Untuk perbaikan atap gereja, ia berkata nantinya butuh waktu lama. Sebab seluruh bagian atap Gereja Blenduk akan dibongkar. "Ada yang ditambal. Tapi infonya ada yang dibongkar," akunya. 

Sementara untuk bagian dinding Gereja Blenduk seluruh materialnya diperbaiki total dengan mengelupas bagian yang lama untuk diganti dengan cat dan bahan baku yang baru. Perbaikan dinding ini yang paling mencolok ada di sisi belakang gereja. 

Baca Juga: Bappeda Jateng Ungkap Makan Bergizi Gratis Dibiayai DAK November 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya