Kolaborasi dengan Millennial, Polda Jateng Tampil di Nusantara Gemilang 2022

Polda rangkul vokalis asal Papua

Semarang, IDN Times - Tim tari Polda Jawa Tengah masuk 14 tim yang terpilih akan menjalani dan penjurian langsung di ajang Nusantara Gemilang 2022 di Jakarta. Tim Polda Jateng berhasil lolos setelah penjurian ketat yang melibatkan peserta dari 34 kepolisian daerah seluruh Indonesia.

1. Polda Jateng gandeng millennial Papua

Kolaborasi dengan Millennial, Polda Jateng Tampil di Nusantara Gemilang 2022Penampilan penari dari tim Polda Jateng di pelataran Gereja Blenduk Semarang. (Dok Polda Jateng)

Menggandeng millennial dari Tanah Papua, tim Polda Jateng menampilkan pertunjukan khas Jawa berupa nyanyian dan teatrikal tarian tradisional. Selain Papua, ada juga peserta dari pulau Kalimantan.

"Selain kompetisi seni dan budaya, kegiatan merupakan bentuk kolaborasi antar suku dan budaya. Kami menggandeng teman-teman dari Papua untuk belajar sekaligus memberikan ruang untuk terlibat dalam kompetisi," ucap Ketua Tim Nusantara Gemilang Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Lafri Prasetyono, Minggu (19/6/2022). 

Baca Juga: Gereja Blenduk Dibuka Lagi, Dana Persembahan Cuma Terkumpul Rp4 Juta

2. Polda Jateng masuk 14 besar

Kolaborasi dengan Millennial, Polda Jateng Tampil di Nusantara Gemilang 2022Anak muda saat dilibatkan dalam acara menari oleh tim Polda Jateng. (Dok Polda Jateng)

Menurutnya proses penjaringan peserta cukup ketat. Mulai mengadakan audisi sampai terpilih peserta yang berasal dari berbagai daerah. 

Selama proses latihan Polda Jawa Tengah juga melibatkan Sanggar Tari Nyi Pandansari, Kendal dalam proses pembuatan karya dan menentukan peran para peserta.

"Alhamdulillah kita masuk 14 besar dan lolos ke Jakarta. Para peserta akan menjalani menjalani di sana. Semoga tim Polda Jateng bisa meraih juara," akunya. 

3. Penyanyi Papua menyanyi lagu bahasa Jawa

Kolaborasi dengan Millennial, Polda Jateng Tampil di Nusantara Gemilang 2022Atraksi menari ditampilkan untuk ikut kontes Nusantara Gemilang 2022. (Dok Polda Jateng)

Sementara itu, salah satu peserta asal Papua Agustina Duwit mengaku senang bisa terlibat dalam mewakili Jawa Tengah pada ajang bertaraf nasional. Perempuan asal Sorong, Papua Barat itu berkomitmen memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama Jawa Tengah dan Polda Jateng.

"Saya didaulat jadi vokalis utama. Ada adegan nembang (menyanyikan lagu) Jawa juga. Meski baru pertama kali membawakan budaya Jawa, sehingga jadi tau budaya Jawa seperti apa. Saya akan memberikan yang terbaik," katanya.

Untuk diketahui, kegiatan Nusantara Gemilang digelar untuk memberikan ruang berekspresi dan kebersamaan bagi pemuda pemudi Papua dengan para pemuda pemudi di daerah lain yang tersebar di seluruh Indonesia. Acara tersebut menjadi rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-76.

Baca Juga: Polda Jateng Tetapkan 3 Petinggi Khalifatul Muslimin Tersangka Percobaan Makar

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya