Comscore Tracker

Cegah Calo, Mantan Walikota Solo Siap Donor Plasma Konvalesen

Gelar donor konvalesen massal

Surakarta, IDN Times - DPC PDIP Solo kembali mengadakan kegiatan sosial donor plasma konvalesen gratis. Pengambilan screening donor plasma dilakukan di Pendopo Pucangsawit RW 09, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Buka Pengisian Oksigen Gratis di Solo, Gibran: Buat Yang Gak COVID-19

1. Diikuti ratusan kader

Cegah Calo, Mantan Walikota Solo Siap Donor Plasma KonvalesenDonor Plasma Konvalesen massal kader PDIP Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Pelaksanaan donor plasma konvalesen massal ini diikuti sebanyak 150 orang. Ratusan orang tersebut melakukan screening di Pendopo Pucangsawit, Jebres, Solo.

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) memgatakan pelaksanaan donor plasma konvalesen juga diikuti oleh dirinya. Rudy mengaku dirinya telah menjadi penyitas COVID-19 beberapa bulan lalu.

“Hari ini ada sebanyak 150 orang mendaftar donor plasma konvalesen yang diadakan DPC PDIP. Termasuk saya juga ambil bagian dalam donor plasma konvalesen ini,” ujarnya.

"Golongan darah saya AB. Jika ada warga yang membutuhkan donor plasma siap membantu. DPC PDIP juga memberikan penghargan pada 24 kader yang dua pekan lalu melakukan donor plasma,” imbuh Rudy.

2. Ingin berantas calo plasma konvalesen

Cegah Calo, Mantan Walikota Solo Siap Donor Plasma KonvalesenKetua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. IDNTimes.com

Lebih lanjut, Rudy mengatakan kegiatan donor plasma konvalesen ini telah digelar untuk kedua kalinya. Akis donor plasma konvalesen ini digencarkan untuk menghapus calo donor plasma konvalesen.

“Kita ingin memberantas calo plasma konvalesen, kita gerakkan semuanya. Nampaknya teman-temen lebih semangat donor plasma, ini darahku harapan hidup saudaraku,” terangnya

Rudy mengaku prihatin dengan munculnya calo donor plasma konvalesen, karena warga benar-benar membutuhkan bukan untuk ditipu.

3. Berharap semua kader PDIP lakukan donor.

Cegah Calo, Mantan Walikota Solo Siap Donor Plasma KonvalesenDonor Plasma Konvalesen oleh DPC PDIP Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Rudy berharap seluruh kader PDIP di Kota Solo yang telah menjadi penyintas Covid-19 untuk bersedia melakukan donor plasma konvalesen. Menurutnya, aksi donor ini sebagai wujud perjuangan menyelamatkan orang banyak.

Rudy mengatakan, yang lolos screening donor plasma konvakesen akan dimasukkan dalam grup whatsapp (WA) kommunitas penyintas. Dengan demikian jika ada pasien Covid-19 membutuhkan plasma konvalesen langsung brangkat ke PMI.

“Pada tanggal 10 Juli lalu sudah ada 20 orang kader PDIP yang lolos screening untuk diambil konvalesennya dan berhasil menyembuhkan pasien Covid-19. Dan ini kita berharap kader lain juga menyumbangkan darahnya dan bisa lolos semua," tutupnya.

Baca Juga: Sembuh Dari COVID-19, Gibran Ngaku Siap Donor Plasma Konvalesen 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya