Gibran Calon Kuat Gubernur Jateng Menurut Survei Charta Politika 

Gak ikuti Jokowi, Gibran ingin buat jejak karir sendiri

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon kuat Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Hal tersebut berdasarkan survei Charta Politika pada Februari 2022.

Baca Juga: Kelurahan Sumber, Kampung Gibran Jadi Pilot Project Jaringan CNG

1. Raih presentase tertinggi dibanding tokoh lainnya

Gibran Calon Kuat Gubernur Jateng Menurut Survei Charta Politika (Instagram/@gibran_rakabuming)

Berdasarkan hasil survei Charta Politika pada Februari 2022 menunjukkan bahwa putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut paling banyak dipilih masyarakat Jawa Tengah. Gibran mendapatkan persentase elektabilitas sebesar 28,5 persen untuk Pemilihan Gubernur Jateng.

Posisi tersebut mengalahkan dua kandidat lain yakni Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin dengan 11.3 persen, dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi dengan 6 persen.

Sedangkan pada posisi empat ada nama mantan Walikota Solo FX. Hadi Rudyatmo (3,7 persen). Diposisi lima diisi oleh Sudirman Said (3,6 persen). Posisi enam ada Achmad Husein (3,4 persen).

Sementara itu, di posisi tujuh ada Rustriningsih (2,2 persen). Posisi delapan yaitu Komjen Condro Kirono (1,7 persen).

2. Gibran mengaku tak kaget

Gibran Calon Kuat Gubernur Jateng Menurut Survei Charta Politika Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Menggapai hasil survei tersebut, Gibran mengaku tak kaget. Menurutnya hasil survei hanyalah hitung-hitungan semata. Ia juga menegaskan masih fokus di kota Solo untuk menyelesaikan tugasnya, dan enggan menanggapi hasil survei tersebut.

"Gak ada tanggapan, ya bagus. Isih suwe to wong survei ya survei aku ora jaluk jenengku dicantumkan di survei, ngerti-ngerti ongkone metu, ngerti-ngerti duwur dewe aku kan ora mudeng ( Masih lama, hasil survei ya survei saya tidak minta namaku dicantumkan di survei, tahu-tahu presentasenya keluar, tahu-tahu diatas sendiri, saya kan tidak tahu)," jelasnya saat ditemui Senin (18/4/2022).

Gibran juga mengatakan jika dirinya tidak meminta namanya dimunculkan di dalam survei.

3. Masih lama memimpin Solo

Gibran Calon Kuat Gubernur Jateng Menurut Survei Charta Politika (Putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka) ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Dintanya terkait posisi Gubernur Jawa Tengah, Gibran menegaskan jika dirinya tidak berandai-andai. Ia juga mengaku jika masih lama untuk memimpin Kota Solo.

Gibran juga mengibaratkan sebuah cerita anime Naruto, dimana alur yang diceritakan tidak sesuai dengan alur cerita yang diinginkan.

"Ndak suwe-suwe malah koyo Hokage ketujuh, ora ceritane ora ngono, si Boruto, wes ora nyambung. Ora ora, survei yo survei wes pokoke ora isih suwe (Tidak lama-lama malah seperti Hokage ketujuh, tidak ada ceritanya tidak begitu, ada si Boruto juga, tidak nyambung. Tidak tidak, survei ya survei, pokoknya saya tidak, masih lama disini)," jelasnya.

Ditanya soal mengikuti jejak karier Jokowi, Gibran mengaku jika jejak kariernya dibuat olehnya sendiri tidak mengikuti siapa-siapa. "Ora, ngikuti jejakku dewe," pungkasnya.

Baca Juga: Gibran Tanggapi Santai Tantangan Sahroni Maju Pilgub DKI

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya