Gibran-Teguh Dilantik Jumat, Simpatisan Dilarang Datang  

Pelantikan di gedung DPRD Surakarta

Solo, IDN Times - Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa akan digelar pada tanggal 26 Februari 2021, pelantikan akan digelar secara virtual di Gedung DPRD Kota Solo, pada pukul 08.00 WIB.

Plh Wali Kota Solo, Ahyani mengatakan sesuai dengan instruksi dari Gubernur Jawa Tengah, pelantikan akan dilakukan secara bersamaan saat rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Solo.

Baca Juga: Purnatugas, Seniman Solo Bikin Mural Rudy Cukur Gibran, Ini Pesannya

1. Tamu terbatas anggota DPRD, Forkompinda dan juga keluarga Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih

Gibran-Teguh Dilantik Jumat, Simpatisan Dilarang Datang  Plh Wali Kota Solo, Ahyani. IDNTimes/Larasati Rey

Ahyani mengatakan saat pelantikan nanti baik Wali Kota dan Wakil Wali Kota wajib memakai seragam pakaian dinas upacara (PDU) berwana putih. Dalam pelaksanaan pelantikan, Ahayani menekankan jika proses pelantikan akan menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya, memberlakukan batasan tamu undangan dan keluarga yang hadir ke lokasi.

"Sudah siap, untuk tamu yang utama itu kan 25 (orang) itu, mungkin nanti ada unsur-unsur lain. Kebetulan perintah dari Gubernur jadi satu rangkaian dengan Paripurna jadi ditambah anggota dewan, bearti ada 25 tambah 45, mungkin tambah unsur keluarga dan OPD. Kalau melihat kapasitas gedung masih cukup untuk jaga prokes (protokol kesehatan.red)," ujarnya Rabu (24/2/21).

2. Dilarang bawa simpatisan

Gibran-Teguh Dilantik Jumat, Simpatisan Dilarang Datang  instagram.com/Gibran_rakabuming

Ahyani mengatakan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota nanti akan digelar serentak se-Jawa Tengah. Pihaknya melarang simpatisan Wali Kota dan Wakil Wakil Wali Kota untuk datang ke lokasi pelantikan. Hal itu lakukan guna mencegah adanya kerumunan.

"Kalau simpatisan gak boleh, kalau mau bisa virtual," ungkapnya.

Selain melarang simpatisan datang ke DPRD Kota Solo, pihaknya juga membatasi tamu undangan dari pihak keluarga. "Keluarga disiapkan tempat maksimal 5 atau 7 orang," jelasnya.

3. Libatkan TNI/Polri untuk pengamanan

Gibran-Teguh Dilantik Jumat, Simpatisan Dilarang Datang  IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Guna mengamankan lokasi pelantikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk mengamankan kawasan di sekitar kantor DPRD Kota Solo.

Selain untuk menghalau simpatisan yang nekat datang di lokasi gedung, pengaman dilakukan mengingat Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka merupakan anak sulung dari Presiden Joko Widodo.

"Pengaman nanti di kawasan di wilayah DPRD disterilkan, ada anggota dari TNI, Polri dan Satpol PP," pungkasnya.

Baca Juga: Jadwal Pelantikan Gibran-Teguh, Digelar Terbatas pada 26 Februari 2021

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya