Comscore Tracker

Keren! Ada Sport Center dan Food Court di Terminal Bus Tirtonadi Solo

Menjadi percontohan revitalisasi nasional

Surakarta, IDN Times - Terminal Tirtonadi Solo menjadi percontohan nasional revitalisasi terminal tipe A. Terminal tersebut dilengkapi convention hall, sport centre, dan food court.

1. Dilengkapi sarana dan prasarana lengkap

Keren! Ada Sport Center dan Food Court di Terminal Bus Tirtonadi SoloIDN Times/Larasati Rey

Sarana pelengkap tersebut diharapkan menjadi pusat kegiatan baru di Kota Surakarta dan melengkapi yang sudah ada.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengklaim jika Terminal Tirtonadi unik karena terdapat sky bridge atau jembatan layang yang terhubung dengan stasiun kereta api Balapan dan bandara sehingga menjadi superhub.

"Kami memastikan pembangunan Tirtonadi akan kita jadikan contoh bagaimana melakukan revitalisasi fungsi terminal. Fungsi-fungsi apa yang dikolaborasikan dengan transportasi pool atau terminal bis," katanya saat mengunjungi terminal tersebut pada Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga: SMK di Solo Kucing-kucingan Nekat PTM, Mobil Gibran Parkir di Sekolah

2. Pembangunan dimulai September 2021

Keren! Ada Sport Center dan Food Court di Terminal Bus Tirtonadi SoloMenhub meninjau Terminal Tirtonadi Solo. Dok. Humas Pemkot Solo

Pembangunan sarana covention hall, food court, dan sport center di lantai 2 Terminal Tirtonadi memakan anggaran Rp48,31 milyar di atas lahan seluas total area 3,3 hektare (ha). Adapun luas area pekerjaan mencapai 9.345 meter persegi.

Pembangunan rencananya dimulai pada September 2021.

"Tirtonadi diharapkan menjadi contoh pengembangan terminal tipe A yang lain. Diharapkan september sarana tersebut selesai dan bisa segera digunakan," jelasnya.

3. Menjadi tempat kegiatan ekonomi

Keren! Ada Sport Center dan Food Court di Terminal Bus Tirtonadi SoloMenhub meninjau Terminal Tirtonadi Solo. Dok/Humas Pemkot Solo

Wali Kota Solo, Gibran Ralabuming Raka berharap lantai 2 Terminal Tirtonadi bisa menjadi tempat kegiatan ekonomi dan menjadi hub-nya warga Kota Surakarta dan sekitarnya.

"Ketika dibuka pada bulan September 2021 nanti harapannya bisa menjadi trigger (pemicu) percepatan ekonomi di Kota Solo. Sekali lagi, tempat - tempat seperti ini bisa mendatangkan crowd. Semoga pandemik cepat selesai dan fasilitas yang terbangun bisa dimanfaatkan secara maksimal," jelasnya.

Sebelum inspeksi ke Terminal Tirtonadi, Menteri Perhubungan Budi Karya meninjau Stasiun Balapan dan melewati sky bridge menuju Tirtonadi.

Baca Juga: Liga 1, Gibran Dukung Bhayangkara FC Menang

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya