PDIP Ajukan Kaesang Rheo di Pilkada Solo 2024, Trah Jokowi dan FX Rudi

"Pak saya tak meneruskan perjuangan bapak."

Surakarta, IDN Times - Fraksi PDIP DPRD Kota Surakarta, melalui Wakil Ketua DPC PDIP Solo mengusulkan pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kedua nama tersebut adalah Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Andres Rheo Yuliana Fernandez. Rheo diketahui merupakan anak kedua Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

1. Cocok lanjutkan perjuangan Jokowi dan Rudy

PDIP Ajukan Kaesang Rheo di Pilkada Solo 2024, Trah Jokowi dan FX RudiPutra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. (IDN Times/Larasati Rey)

Wakil Ketua DPC PDIP, Suharsono mengatakan, jika Rheo dinilai tepat mendampingi Kaesang lantaran memiliki latar belakang cukup mumpuni sebagai kader PDIP. Keduanya juga mengalir darah politik dari orangtua yang juga pernah berpasangan menang dua kali di Pilkada Solo.

"Mas Rheo punya latar belakang pekerjaan di bidang ekonomi dan keuangan. Darah politik juga,mengalir dari bapaknya (FX Rudy)," ujarnya Selasa (31/1/2023).

Pihaknya optimis, jika keduanya dipangsangkan akan bisa memenangkan Pilkada Solo 2024 mendatang.

"Kedua merupakan pemimpin muda yang milenial dan visioner. Kalau ini terjadi akan mengulang demokrasi dalam Pilkada Solo tahun 2005. Saat itu yang memimpin Kota Solo pak Jokowi dan pak Rudy," pungkasnya.

2. Dapat restu dari Ketua DPC PDIP Solo

PDIP Ajukan Kaesang Rheo di Pilkada Solo 2024, Trah Jokowi dan FX RudiKetua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, menanggapi usulan tersebut, Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengamini usulan tersebut. Ia mengaku, apapun yang berkembang di partai sah dan diperbolehkan dan merupakan bagian dari demokrasi.

"Semua wacana itu sah-sah saja dan boleh. Tetapi yang namanya proses politik itu ada sistem dan mekanismenya. Yang namanya pilkada itu saya belum berkonsentrasi ke sana. Saya konsentrasi pemenangan Pileg dan Pilpres. Sehingga saya selalu menunggu perintah dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP PDIP). Kalau wacana ini sudah mulai berhembus, itulah namanya demokrasi," jelasnya.

3. Dinilai sudah berpengalaman di bidang politik

PDIP Ajukan Kaesang Rheo di Pilkada Solo 2024, Trah Jokowi dan FX RudiMantan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. IDNTimes/Larasati Rey

Ditanya soal Kaesang dan Rheo, Rudy mengaku jika anaknya sudah berpengalaman di dunia politik. Ia bahkan mengajarkan politik sejak dari tingkat ranting, anak ranting hingga DPC PDIP.

"Sudah pengalaman sama seperti saya. Tinggal memoles saja, karena usia masih muda, saat ini Rheo menjabat Wakil Ketua PAC selama dua periode," ungkapnya.

Mantan Wali Kota Solo dua periode itu menyebutkan, Rheo sempat mengutarakan niat untuk meneruskan perjuangan dirinya. Kendati demikian, saat disinggung apakah Rheo bakal melanjutkannya sebagai Wali Kota Solo, Rudy enggan menjawab.

Ia menilai, meneruskan perjuangan semata-mata tidak hanya di eksekutif, melainkan bisa melalui jabatan legislatif atau di partai.

"Dia itu penjaringan DPRD sejak 2014 sudah terjaring. Tapi belum mau saja dia. Jadi anggota DPRD gak mau, 2009 sudah terjaring gak mau, 2014 gak mau, 2019 gak mau. 2024 terjaring lagi dia menyampaikan ke saya, 'Pak saya tak meneruskan perjuangan bapak' silakan, tapi dengan catatan harus sudah selesai dengan dirinya sendiri," pungkas Rudy.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya