Comscore Tracker

Modal Usaha KUR, Cek Pembiayaan Untuk UMKM Hingga Rp10 Juta di Solo  

Target salurkan Rp125 miliar

Sukoharjo, IDN Times - Sebanyak 100 pelaku UMKM di Surakarta mengikuti sosialisasi program kredit usaha rakyat (KUR) dan Lembaga Keuangan yang digelar oleh Bale Rakyat bersama Yayasan Semarak Candrakirana di Hotel Tosan, Sukoharjo, Sabtu (10/9/2022).

Sosialisasi tersebut untuk membantu UMKM dalam pembiayaan pasca pandemik COVID-19.

Baca Juga: Marak Konflik SARA, Politisi PDIP Aria Bima Ajak Pahami Toleransi

1. Berawal dari keresahan para pelaku UMKM

Modal Usaha KUR, Cek Pembiayaan Untuk UMKM Hingga Rp10 Juta di Solo  Sosialisasi KUR di Sukoharjo. (IDN Times/Larasati Rey)

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima mengatakan sosialisasi diadakan berawal dari keresahan para pelaku UMKM untuk mendapatkan kemudian permodalan pasca diterpa pandemi COVID-19. Hampir dua minggu ini pihaknya intens membahas persoalan wirausaha khususnya sektor UMKM.

"Pasca pandemi COVID-19 recovery UMKM harus dimitigasi dulu dari hulu sampai hilir, dari keuangan sampai dengan model bisnisnya mengingat pasar berubah, jadi harus menyesuaikan struktur pasar," katanya.

Sedangkan di sisi permodalan, pihaknya menekankan selain adanya restrukturisasi keuangan, juga kebijakan pemerintah pusat melalui holding ultra mikro yakni  BRI Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM). 

"Sehingga diharapkan tidak ada lagi keluhan persoalan akses permodalan bagi pelaku UMKM. Bagi yang mau di penyertaan modal madani silakan,  yang mau di pegadaian silahkan," jelasnya lagi.

2. Jadi ajang aspirasi dari rakyat.

Modal Usaha KUR, Cek Pembiayaan Untuk UMKM Hingga Rp10 Juta di Solo  Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut politisi PDIP tersebut mangaku khusus UMKM ia berupaya memberikan kemudahan dan jalan untuk recovery UMKM, pasalnya Non Performing Loan (NPL) sektor UMKM berbeda, paling kecil bila dibandingkan dengan usaha lainnya.   Sehingga melalui holding Ultra mikro,  pemerintah sudah sepakat akan mengatasi berbagai kendala utama tersebut.

"Kemarin juga saya tanamkan buat pelaku UMKM, pemerintah selain  bicara soal sisi keuangannya, kita juga membuat anggaran yaitu inkubator atau inkubasi atau rumah kreatif. Yang difaslitasi dari Kementerian Koperasi dan UKM," ungkapnya.

Melalui sosialisasi tersebut, akan menjadi tempat bertanya, tempat sharing atau berbagi serta tempat belajar diantara pelaku UMKM. Selain itu, pemerintah juga membuat kebijakan yang memudahkan sektor UMKM untuk membuat perizinan.

"Hal-hal itu yang saya sosialisasikan kepada pelaku UMKM selama kurang lebih dua minggu ini," katanya lagi.

3. Pembiyaan untuk UMKM dibawah Rp10 juta

Modal Usaha KUR, Cek Pembiayaan Untuk UMKM Hingga Rp10 Juta di Solo  BRI terus menyalurkan kredit mikro yang terdiri atas KUR, Kupedes, dan Briguna Mikro. (Dok. BRI)

Dalam sosialisasi tersebut juga menghadirkan sejumlah lembaga keuangan dan perbankan yang membantu memberikan informasi terkait KUR. Dalam kesempatan tersebut, PT Pegadaian (Persero) memperkenalkan kredit plafon rendah untuk pelaku usaha mikro di Kota Solo dan sekitarnya.

"Kami dari Pegadaian ada program Supermi (supermikro) dengan sistem syariah, bukan konvensional. KUR supermikro ini (batas pinjaman) sampai Rp10 juta," kata Deputi Pegadaian Area Surakarta, Suwarno.

Ia mengatakan program KUR yang baru diluncurkan sejak dua bulan yang lalu sejauh ini sudah diakses oleh sekitar 500 pelaku usaha di wilayah Solo dan sekitarnya. Untuk realisasi penyaluran mencapai Rp5 miliar.

Sampai dengan akhir tahun ini, pihaknya menargetkan penyaluran pinjaman bisa mencapai Rp125 miliar. Sebagai langkah percepatan, Pegadaian menambah jumlah petugas penyaluran KUR untuk melayani para nasabah.

Selain Pegadaian, pada kesempatan tersebut BRI juga kembali menyosialisasikan KUR yang merupakan program kredit untuk pelaku usaha dari pemerintah. Sosialisasi KUR dilakukan kepada sektor UMKM yang selama ini belum memperoleh pembiayaan, termasuk penjelasan terkait mekanisme peminjaman.

Baca Juga: Kinerja KUR Pertanian Memuaskan, Kementan Dorong KUR Alsintan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya