Comscore Tracker

Rute Baru KA Bandara Solo Sampai Stasiun Klaten, Tiket Masih Gratis

Akan dikembangkan sampai Stasiun Tugu Yogyakarta

Surakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memperpanjang rute kereta api Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) Solo. Yaitu menuju dari Stasiun Bandara menuju Stasiun Klaten. Uji coba rute baru itu dilakukan Selasa (11/2).

Baca Juga: 5 Hotel Murah Dekat dengan Bandara Semarang, Gak Lebih Rp300 ribu

1. Berhenti di empat stasiun

Rute Baru KA Bandara Solo Sampai Stasiun Klaten, Tiket Masih GratisIDN Times/Larasati Rey

KA BIAS rute baru, Klaten-Solo-Bandara akan berhenti di empat stasiun. Yakni Stasiun Klaten, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Kadipiro, dan berakhir di Stasiun Bandara.

Rute baru itu telah diberlakukan sejak Selasa (11/2), meskipun belum secara resmi.

"Kita lakukan uji coba dari Stasiun Klaten sampai Stasiun Bandara Adi Soemarmo pulang pergi sebanyak dua kali uji coba. Jaraknya kira-kira 44 kilometer, habis ini kita akan evaluasi," ujar Kepala PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto saat ditemui di Stasiun Bandara, Selasa (11/2).

2. Mengakomodir penumpang dari Klaten

Rute Baru KA Bandara Solo Sampai Stasiun Klaten, Tiket Masih GratisIDN Times/Larasati Rey

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan, Danto Setyawan saat ikut dalam rombngan uji coba rute baru Klaten-Solo-Bandara mengatakan jika perpanjangan rute sejauh 44 kilometer tersebut dilakukan untuk melayani para penumpang dari Klaten yang hendak ke bandara. Bahkan menurutnya tidak menutup kemungkinan, kedepan KA BIAS akan dioperasikan hingga Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Saat ini kita coba hingga Klaten, tapi besok kedepan jika bandara Yogyakarta sudah pindah, kita bisa operasikan hingga Stasiun Tugu untuk memudahkan penumpang yang hendak ke bandara," katanya.

3. Harga tiket belum ditentukan

Rute Baru KA Bandara Solo Sampai Stasiun Klaten, Tiket Masih GratisIDN Times/Larasati Rey

Lebih lanjut, Danto mengatakan hingga saat ini pihaknya belum bisa memberikan jawaban terkait harga tiket yang akan diberlakukan di KA BIAS tersebut.

Saat ini, PT KAI masih melakukan penggratisan tiket hingga akhir Februari mendatang. Menurut rencana rute Klaten-Solo-Bandara akan diberlakukan mulai bulan Maret atau setelah diresmikan.

“Kalau soal tiket kita belum tahu, masih menunggu nanti,” ungkapnya.

Baca Juga: Tiru Bandara di Manchester, Bandara Purbalingga Dilengkapi Playground 

Topic:

  • Larasati Rey
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya