Comscore Tracker

Solo Great Sale 2021 Dimulai, Target Transaksi Capai Rp800 Miliar

Dorong UMKM kembali bergairah di masa pandemik

Semarang, IDN Times - Event Solo Great Sale (SGS) 2021 akhirnya kembali digelar mulai Jumat 1 Oktober 2021,sebelumnya event ini sempat tertunda lantaran pandemi COVID-19.

Pembukaan SGS digelar di pelataran Stadion Manahan, Solo. Hadir dalam pembukaan terssbut yakni Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala OJK Wimboh Santoso, dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: OJK dan GoTo Resmikan Kampus UMKM di Solo, Dukung Pemulihan Ekonomi

1. Dihadiri dua menteri Presiden Jokowi

Solo Great Sale 2021 Dimulai, Target Transaksi Capai Rp800 MiliarPembukaan Solo Great Sale dihadiri oleh Menteri Komerasi UMKM dan Menteri Perindustrian. IDNTimes/Larasati Rey

Kedua menteri Kabinet Indonesia Maju itu datang dengan diantar mobil listrik milik Pemkot Solo bersama dengan tamu VIP lainnya.

Dalam seremoni pembukaan tersebut turut diputar rekaman video sambutan dari Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi. Selain itu juga ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang turut memberikan sambutan melalui Zoom.

Pembukaan Solo Great Sale 2021 pun ditandai dengan aksi memindai barcode menggunakan ponsel secara bersama-sama.

Dilanjutkan dengan prosesi belanja online melalui aplikasi oleh kedua menteri bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan Prof Wimboh Santoso.

2. Dorong UMKM saat masa pandemi

Solo Great Sale 2021 Dimulai, Target Transaksi Capai Rp800 MiliarPembukaan Solo Great Sale 2021. IDNTimes/ Larasati Rey

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Teten berpesan kepada masyarakat agar tidak ragu untuk berbelanja di masa pandemi karena hal itu bisa memberi manfaat kepada orang lain, terutama para pedagang.

"Belanja di tengah pandemi ini sekarang ibadah. Menolong banyak orang. Karena itu, (Solo Great Sale) ini mesti jadi contoh kota lain. Semoga target Rp800 miliar dapat terlampaui dua kali lipat," ujarnya.

Teten juga menyoroti pemanfaatan ekonomi digital dalam Solo Great Sale 2021. Hal tersebut menurutnya sejalan dengan semangat transformasi digital di Kementerian Koperasi dan UKM.

3. Apresiasi Solo Great Sale

Solo Great Sale 2021 Dimulai, Target Transaksi Capai Rp800 MiliarMenteri Perindustrian, Agus Gumiwang. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Menteri Agus menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya Solo Great Sale 2021 yang telah merangkul para pelaku industri kecil dan menengah. Menurutnya, industri kecil dan menengah mempunyai peran besar sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Agus juga memuji adanya inovasi kendaraan listrik yang digunakan sebagai transportasi wisata. Menurutnya mobil listrik menjadi penganti transportasi wisata yang ideal diterapkan, selain ramah lingkungan mobil listrik juga mampu memgurangi emisi karbon

"Saya kira bagus ini untuk diterapkan baik di Solo dan Bali juga, untuk transportasi wisata karena itu kan ramah lingkungan," ungkapnya.

4. Targetkan Rp800 Miliar

Solo Great Sale 2021 Dimulai, Target Transaksi Capai Rp800 MiliarWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. IDNTimes/Larasati Rey

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengharapkan target transaksi dalam Solo Great Sale 2021 bisa melampaui target yakni Rp800 miliar rupiah.

Menurut Gibran, digelarnya event Solo Great Sale 2021 ini dilakukan pada momen yang tepat karena capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Solo sudah melebihi target.

"Tadi saya cek vaksinasi sudah mencapai 119 persen. Launching Solo Great Sale 2021 ini momen yang pas untuk percepatan ekonomi," kata Mas Wali, sapaan akrab Wali Kota Solo itu.

Lebih lanjut, Gibran menyatakan harapannya terhadap capaian transaksi selama event yang diharapkan dapat melebihi target yang telah ditetapkan pihak Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kota Solo.

Event Solo Great Sale 2021 akan berlangsung selama satu bulan penuh, mulai 1 sampai 31 Oktober mendatang. Saat penutupan bakal dilakukan pengundian poin berhadiah perangkat elektronik, kendaraan bermotor, hingga hadiah utama satu unit rumah.

Mengusung tema 'Memanfaatkan Potensi Ekonomi Digital untuk Solo Melompat Lebih Jauh', Solo Great Sale 2021 diharapkan bisa menjadi batu loncatan untuk digitalisasi perdagangan di Kota Solo. Untuk pembayaran bisa secara nontunai, menggunakan QRIS, e-payment, mobile banking, juga lewat GoPay, OVO, Dana, LinkAja, dan sebagainya.

Selain itu, masyarakat bisa berpartisipasi dengan cara berbelanja di tenant-tenant peserta Solo Great Sale 2021. Setiap transaksi senilai Rp50 ribu akan mendapat satu poin dan berlaku kelipatannya.

Baca Juga: Kunjungi Pameran UMKM BJB, Gibran Ajak Bangkit Dari Pandemik  

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya