Comscore Tracker

Lagu Daerah Jawa Tengah Terpopuler, Ada Tembang Ciptaan Sunan Kalijaga

Hingga saat ini masih ditembangkan masyarakat Jawa

Kebudayaan Indonesia yang beranekaragam membuat setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya tersendiri.

Salah satu ciri khas dari sebuah daerah adalah lagu daerah. Lagu daerah merupakan nyanyian yang sering dinyanyikan pada tradisi-tradisi di daerah tersebut.

Dipopulerkan oleh masyarakat tersebut, dan biasanya pencipta lagu daerah tidak diketahui atau anonim.

Contoh daerah yang memiliki banyak lagu-lagu daerah adalah Jawa Tengah. Lagu daerah Jawa Tengah memiliki ciri-ciri berbahasa jawa, dan nada-nada yang dipakai adalah pentatonik atau sinden.

Jawa Tengah memiliki beberapa lagu daerah yang populer hingga kini, beberapa diantaranya mungkin sudah anda ketahui, dan hafal liriknya.

Dibawah ini adalah daftar lagu daerah terpopuler di Jawa Tengah.

 

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Pajang, Jaka Tingkir Takluk di Tangan Anak Angkatnya

1. Lagu Daerah Jawa Tengah Gundul-Gundul Pacul

Lagu Daerah Jawa Tengah Terpopuler, Ada Tembang Ciptaan Sunan Kalijagainstagram.com/kris_bowden

Lagu gundul-gundul pacul memiliki makna yang menceritakan seorang pemimpin pada sebuah daerah yang berkuasa dengan keji, dan memperlakukan rakyatnya dengan semena-mena tanpa memperhatikan segala kebaikan untuk rakyatnya. Pemimpin tersebut tidak menjalankan tanggung jawab kepemimpinanya dengan baik.

Lagu daerah Jawa Tengah satu ini merupakan lagu daerah jawah tengah terpopuler. Karena hingga kini banyak yang menarasemin ulang lagu gundul-gundul pacul dengan aransemen yang lebih modern.

 

2. Lagu Daerah Jawa Tengah Lir-Lir

Lagu Daerah Jawa Tengah Terpopuler, Ada Tembang Ciptaan Sunan Kalijagablog

Lagu Lir-lir menyimpan sejarah tersendiri, menurut catatan sejarah lagu ini merupakan media dakwah pada masa perwalian untuk menyebarkan agama islamnya khusunya di Jawa Tengah dan hampir se-pulau Jawa.

Pencipta lagu lir-lir adalah sunan Kalijaga. Maka tak heran bila lagu daerah Jawa Tengah Lirlir merupakan lagu daerah terpopuler selanjutnya.

Memiliki makna seruan kepada seluruh manusia untuk beribadah kepada Allah SWT. Lagu ini juga memiliki pesan untuk bersyukur, bersabar, dan berserah diri kepada Allah SWT atas semua nikmat dan usaha yang sedang diperjuangkan/

3. Lagu Daerah Jawa Tengah Gambang Suling

Lagu Daerah Jawa Tengah Terpopuler, Ada Tembang Ciptaan Sunan Kalijagapixabay

Lagu Gambang Suling memiliki makna tentang keindahan lagu yang dimainkan bersama iringan alat musik suling.

Lagu ini diciptakan oleh Ki Narto Sabdo seorang dalang kondang. Sampai saat ini anak-anak Jawa Tengah masih suka menyanyikannya. Jadi, dapat disimpulkan lagu gambang suling merupakan lagu daerah jawah tengah terpopuler lainnya.

4. Lagu Daerah Jawa Tengah Padhang Bulan

Lagu Daerah Jawa Tengah Terpopuler, Ada Tembang Ciptaan Sunan KalijagaBulan purnama perige (supermoon) menghiasi langit Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (8/4/2020). ANTARA FOTO//Suwandy

Lagu Padhang Bulan memiliki makna untuk selalu bersyukur atas keindahan alam yang telah diberikan oleh Allh SWT, dan menyadari bahwa kekuasan tertinggi hanya milik Allah SWT.

Di Jawa Tengah biasanya lagu ini dinyanyikan pada saat anak-anak bermain di pekarangan rumah, untuk mengingatkan kepada anak-anak tersebut untuk selalu bersyukur.

5. Lagu Daerah Jawa Tengah Jenang Gulo

Lagu Daerah Jawa Tengah Terpopuler, Ada Tembang Ciptaan Sunan KalijagaIDN Times/Aji

Lagu daerah Jawa Tengah Terpopuler selanjutnya adalah Jeno Gulo yang memiliki makna tentang kesetian pasangan suami istri. Dalam keadaan susah pasangan tersebut bahagia, namun dalam keadaan Sukses sang suami lupa diri berubah menjadi egois, bengis,kasar, dan suka memarahi istri.

Lagu Jeno Gulo diciptakan oleh Andjar Any. Memiliki makna yang menyedihkan, sehingga lagu ini masih sering diputar oleh masyarakat Jawa Tengah untuk mengisi hari-hari yang cukup menyulitkan.

6. Lagu Daerah Jawa Tengah Bapak Pucung

Lagu Daerah Jawa Tengah Terpopuler, Ada Tembang Ciptaan Sunan KalijagaIlustrasi sinten (instagram.com/elishaorcarus)

Lagu Bapak Pucung memiliki makna tentang pentingnya menjaga silaturahmi, dan memiliki hubungan baik kepada setiap manusia, dimanapun manusia itu berada,
Bapak Pucung merupakan jenis serangga yang memiliki motif hitam di punggung atau sayapnya, di perut serangga tersebut terdapat warna stip. Warna serangga ini memiliki warna oren cerah dan berbadan hitam.

Lagu daerah Jawa Tengah terpopuler satu ini sering didendangkan saat anak-anak memainkan sebuah permainan tradisional dengan lirik lagu bapak pucung.

Demikianlah lagu daerah Jawa Tengah terpopuler yang memiliki makna tersendiri. Lagu-lagu tersebut dapat kamu pelajari, sebagai sebuah usaha untuk terus melestarikan kebudayan daerah Jawa Tengah.

Baca Juga: Kumpulan Cerita Rakyat Terpopuler Jawa Tengah, Kisah-kisah Melegenda 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya