Comscore Tracker

Jadwal Debat II Pilkada Solo, Adu Gagasan Gibran - Teguh vs Bajo

Disiarkan di stasiun TV lokal dan medsos

Solo, IDN Times - Debat publik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo tahap II akan digelar Kamis (3/12/20). Debat tersebut akan menampilkan pasangan calon (paslon) dari PDIP, Gibran-Teguh melawan paslon dari jalur independen, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo). Keduanya akan beradu gagasan, ide, dan pendapat tentang kemajuan kota Solo ke depannya.

Baca Juga: Dana Kampanye Gibran-Teguh Rp650 Juta, Bajo Rp116 Juta 

1. Ambil tema soal kemajuan kota Solo

Jadwal Debat II Pilkada Solo, Adu Gagasan Gibran - Teguh vs BajoKetua KPU Solo, Nurul Sutarti. IDNTimes/Larasati Rey

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan dalam debat tahap II nantinya akan mengambil tema 'Memajukan Surakarta sebagai Kota Budaya yang Inovatif dalam Keberagaman Melalui Kolaborasi dan Penguatan Civil Society'. Debat tersebut akan berlangsung selama 2 jam.

"Debat akan melalui delapan segmen dan berlangsung selama 120 menit (90 menit debat dan 30 menit iklan layanan masyarakat," ujarnya Senin (30/11/20).

2. Tetapkan lima tenaga ahli

Jadwal Debat II Pilkada Solo, Adu Gagasan Gibran - Teguh vs BajoPaslon PDIP Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa saat debat I yang digelar oleh KPU Solo. Istimewa

Nurul menambahakan dalam pelaksanaan persiapan debat publik tahap II ini, pihaknya melibatkan lima orang ahli untuk membuat materi debat. Kelima orang tersebut berasal dari kalangan akademisi, birokrasi, aktivis, dan budayawan.

Sama dengan tahap sebelumnya, pada debat tahap II ini KPU juga membatasi maksimal 50 orang jumlah peserta debat yang boleh masuk kedalam ruangan. "50 orang terdiri dari paslon, tim pemenangan, Bawaslu Solo, KPU Solo, serta panelis," ungkapnya.

3. Ditayangkan di stasiun tv lokal

Jadwal Debat II Pilkada Solo, Adu Gagasan Gibran - Teguh vs BajoPixabay.com/StokSnap

Berbeda dengan pelaksanaan debat publik tahap I, yang ditayang secara live di stasiun nasional. Namun pada debat publik tahap II ini, pelaksanaan debat hanya ditayangkan melalui stasiun tv lokal, dan juga live streaming di media sosial resmi milik KPU, yakni Instagram dan facebook.

Debat sendiri digelar di Ballroom The Sunan Hotel Solo, pada Kamis 3 Desember 2020 pukul 19.00 WIB. Pelaksaan debat akan dijaga oleh aparat keamanan.

Baca Juga: Jelang Debat Pilwakot Solo, Gibran Harus Asah Mental dan Bisa Guyon

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya