Comscore Tracker

Mentan Gelar Operasi Pasar di Solo, Tekan Lonjakan Harga Bawang Putih 

Bawang putih dijual Rp 30 ribu/kg.

Solo, IDN Times - Untuk menstabilkan harga bawang putih dan cabai di pasaran, Kementrian Pertanian (Kementan) mengelar operasi pasar di lima pasar tradisional di Kota Solo, Kamis (13/2).

Baca Juga: Distributor Kepergok Timbun 29 Ton Bawang Putih di Tengah Kelangkaan

1. Bawang putih dijual Rp30.000,-

Mentan Gelar Operasi Pasar di Solo, Tekan Lonjakan Harga Bawang Putih IDN Times / Larasati Rey

Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) secara simbolis membuka operasi pasar dengan memberangkatkan mobil pengangkut bahan pangan dari Pasar Gede, Solo. Mobil tersebut mengangkut tiga komoditas yakni bawang putih, cabai rawit dan cabai merah.

Menurut Mentan, harga bawang putih sudah mencapai Rp80 ribu/kg di sejumlah daerah di Indonesia. Sedangkan dalam operasi pasar ini, bawang putih dijual Rp30 ribu/kg, sedangkan untuk cabai rawit Rp35 ribu/kilo, dan cabai merah Rp30 ribu/kilo.

Dalam sambutannya, SYL mengatakan harga bawang putih saat ini seharusnya di kisaran Rp30 ribu hingga Rp40 ribu/kg. Naiknya harga bawang putih, menjadi perhatian dari pemerintah dan pemerintah harus bertindak ketika harga pangan menjadi terlalu tinggi.

"Kalau udah berlebihan, terlalu tinggi, kan dari Rp30-40 ribu jadi Rp80 ribu. Kalau kita tidak tahan ini, bisa saja semua jadi bersoal," ujarnya.

2. Digelar di lima pasar tradisional di Solo

Mentan Gelar Operasi Pasar di Solo, Tekan Lonjakan Harga Bawang Putih IDN Times / Larasati Rey

Operasi pasar sendiri digelar di lima pasar trasdisional di Kota Solo. Kelima pasar tradisional tersebut yakni Pasar Gedhe, Pasar Nusukan, Pasar Rejosari, Pasar Hajodaksino, dan Pasar Gading, Solo.

Kementan menyediakan sebanyak 12 ton bawang putih, 10 ton cabai rawit, dan 10 ton cabai merah yang dijual dengan menggunakan lima mobil bak terbuka di lima pasar tradisional di Kota Solo.

Salah seorang warga Yuni (45) mengaku senang bisa mendapatkan dua kilo bawang putih, meski harus mengantre panjang namun ia berterima kasih kepada pemerintah, karena dinilai peduli dengan rakyat kecil.

“Bawang putih ini kan naiknya sudah seminggu ini, ya senang ada bawang putih merah artinya ini pemerintah peduli kepada kita,” ungkapnya.

3. Mentan jamin stok bawang putih aman

Mentan Gelar Operasi Pasar di Solo, Tekan Lonjakan Harga Bawang Putih IDN Times / Larasati Rey

Sementara itu, Mentan SYL juga memastikan jika stok bawang di Indonesia saat ini masih aman. SYL mengungkapkan jika Indonesia masih memiliki cadangan stok impor tahun lalu. Selain itu, SYL memperkirakan petani bawang Indonesia akan panen pada akhir Februari dengan kuantitas mencapai 50 ribu ton.

"Alhamdulillah dari deteksi kita tidak ada yang langka, cuma kepanikan. Mungkin juga supplier dan distributor memperlambat suplai sehingga seakan-akan langka. Makanya kita minta semua pihak terlibat," katanya.

Baca Juga: Harga Bawang Putih Melambung Tinggi, Ternyata Ini Pemicunya

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya