Bantuan Sosial Tunai di Semarang Ditambah Jadi 114 Ribu  

Kemensos targetkan H-1 Lebaran penyaluran sudah selesai

Semarang, IDN Times - Kementerian Sosial menambah kuota bantuan sosial tunai (BST) kepada warga Kota Semarang menjadi 114 ribu. Upaya itu dilakukan agar bantuan kepada warga yang tidak mampu dan terkena dampak COVID-19 jadi lebih merata.

1. BST di Semarang ditambah dari 94 ribu jadi 114 ribu

Bantuan Sosial Tunai di Semarang Ditambah Jadi 114 Ribu  Ilustrasi penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kota Semarang. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Pada kesempatan tersebut Menteri Sosial, Juliari Batubara didampingi Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama jajaran Forkopimda Kota Semarang dan perwakilan PT POS Indonesia meninjau penyaluran BST di Kantor Pos Regional IV Sisingamangaraja Semarang, Kamis (21/5).

Menteri Sosial, Juliari Batubara mengatakan, setelah sebelumnya sebanyak 94.000 BST sudah disalurkan untuk warga Kota Semarang, saat ini pihaknya menambah menjadi 114.000 BST.

Baca Juga: Terdampak Corona, Supir Angkot dan Penjual Gorengan Lega Terima BST

2. Penambahan BST karena masih ada warga terdampak belum tercover

Bantuan Sosial Tunai di Semarang Ditambah Jadi 114 Ribu  Ilustrasi penyaluran BST. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

"Tambahan ini untuk melengkapi warga yang belum tercover bantuan lain dari pemerintah, dalam penanganan pandemik COVID-19," katanya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (21/5).

Juliari mengakui, tidak mudah menyalurkan bantuan dengan waktu yang relatif singkat, apalagi dengan harus mengontrol agar bantuan tepat sasaran dan tidak ganda, namun pihaknya meyakinkan semua bantuan dapat diterima sebelum Lebaran.

"Sejauh ini karena kami punya target cukup tinggi, sekitar 8 juta KK di Indonesia sampai hari Sabtu atau H-1 Lebaran harus tersalurkan. Mungkin sekarang ini progresnya sudah mendekati 5 juta KK, jadi kerja keras lah," tuturnya.

3. Ditargetkan penyaluran selesai H-1 Lebaran

Bantuan Sosial Tunai di Semarang Ditambah Jadi 114 Ribu  Dok. Pemkot Semarang

Diketahui, jumlah penerima bantuan di Kota Semarang ada sekitar 114.000 KK, dalam waktu 1-2 hari ditargetkan akan selesai. Mensos juga menekankan kepada Pemkot Semarang agar semua yang telah terdata mendapat bantuan sebelum hari raya Idul Fitri. 

"Alhamdulillah hari ini sudah bisa kita realisasikan, walaupun belum bisa serentak seluruhnya, tetapi Insya Allah kami akan berupaya siap bekerja agar semua satu hari sebelum hari raya Idul Fitri semua sudah terbagi," Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut.

Hendi mengakui, jumlah bantuan tersebut belum memenuhi semua kebutuhan warga, tetapi pemerintah tetap berupaya membantu karena itu bagian tanggung jawab dalam penanganan COVID-19.

Baca Juga: 94.803 Warga Semarang Bakal Terima Bantuan Sosial Tunai via Rekening

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya