Daftar Lokasi Vaksinasi di Semarang yang Layani Suntikan Dosis Pertama

Rata-rata gunakan vaksin AstraZeneca

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang menutup sejumlah lokasi dan sentra vaksinasi lantaran stok vaksin habis. Kondisi itu berdampak pada penundaan vaksinasi dosis pertama dan kedua terutama yang menggunakan vaksin Sinovac.

Kendati demikian, masih ada sejumlah lokasi yang melayani vaksinasi dosis pertama untuk masyarakat di Ibu Kota provinsi Jawa Tengah, baik yang ber-KTP maupun nondomisili Kota Semarang mulai usia 18 tahun. Berikut ini lokasi-lokasinya.

1. Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang (Poltekkesmar)

Poltekkesmar di Jalan Tirto Agung Pedalangan Banyumanik Semarang menyelenggarakan vaksinasi khusus vaksin dosis pertama bagi masyarakat umum berusia 18 tahun keatas tanpa syarat domisili. Mengutip unggahan Instagram @poltekkessemarang, vaksin dilaksanakan pada tanggal 12, 13, 16, 18 dan 19 Agustus 2021 dengan kuota terbatas.

Adapun, masyarakat diminta melakukan pendaftaran secara online melalui bit.ly/VaksinasiPolkesmar dan tidak melayani pendaftaran di lokasi vaksinasi. Sedangkan, pendaftaran dibuka sehari sebelum jadwal vaksinasi.

Lokasi vaksinasi COVID-19 digelar di Auditorium Kampus 1 Poltekkes Kemenkes Semarang. Layanan vaksinasi akan dilakukan mulai pukul 08.00--13.00 WIB.

Syarat untuk mengikuti vaksinasi tersebut antara lain, berusia 18 tahun ke atas, membawa KTP asli saat vaksinasi, mendaftar online pada link pendaftaran. Kemudian, sudah mendapatkan balasan pesan WhatsApp (WA) blast dari Poltekkesmar pada Sore atau Malam hari sebelum pelaksanaan vaksinasi.

Baca Juga: 5 Cara Pantau Vaksinasi Lewat Online di Semarang, Bisa Daftar Juga

2. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Daftar Lokasi Vaksinasi di Semarang yang Layani Suntikan Dosis PertamaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sentra vaksinasi di Unnes kembali dibuka. Melansir laman victori.semarangkota.go.id/info, pada tanggal 12--14 Agustus 2021 mulai pukul 08.00--12.00 WIB tersedia vaksin AstraZeneca untuk masyarakat umum yang sudah mendaftar melalui online pada laman tersebut.

Adapun, syarat untuk mendapatkan vaksin dosis pertama tersebut di antaranya, usia 18 tahun ke atas, mendapatkan WA blast dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, dan dalam keadaan sehat.

3. Enam Puskesmas di Kota Semarang

Daftar Lokasi Vaksinasi di Semarang yang Layani Suntikan Dosis Pertamailustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Sejumlah puskesmas di Kota Semarang juga masih melayani vaksinasi dosis pertama. Pada laman victori.semarangkota.go.id/info tercatat 6 puskesmas melaksanakan penyuntikan vaksin AstraZeneca untuk dosis pertama kepada masyarakat.

Puskesmas itu antara lain, Bugangan, Candi Lama, Kagok, Karanganyar, Karangayu, dan Sekaran. Adapun, syarat untuk mendapatkan vaksinasi di antaranya, masyarakat berusia 18 tahun keatas, menunjukkan KTP Kota Semarang atau menunjukkan surat domisili di Semarang, dan dalam kondisi sehat.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Semarang upaya percepatan vaksinasi dosis pertama yang dilakukan oleh Pemkot Semarang mencapai 64,17 persen, sedangkan untuk dosis kedua mencapai 33,97 persen.

Ketersediaan stok vaksin per Rabu (11/8/2021) di Kota Semarang mencapai 23 ribu dan telah tersebar ke beberapa sentra vaksinasi. Namun, untuk saat ini ada beberapa sentra vaksinasi yang tutup dikarenakan stok vaksin menipis dan sedang menunggu pengiriman.

Baca Juga: Stok Vaksin Kosong! 26 Lokasi Vaksinasi di Semarang Tutup Sementara 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya