Comscore Tracker

Dampak Kebakaran Pabrik Pupuk Mranggen, Warga Keluhkan Asap Bau Mercon

Kota Semarang di berkabut asap hitam

Semarang, IDN Times - Pasca kebakaran pabrik pupuk CV Saprotan Utama Desa Bandungrejo, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak yang terjadi Kamis (21/7/2022) Malam berdampak pada warga di Kota Semarang. Mereka mengeluhkan asap sisa kebakaran yang mengganggu pernapasan dan jarak pandang.

1. Bau asap seperti petasan terbakar

Dampak Kebakaran Pabrik Pupuk Mranggen, Warga Keluhkan Asap Bau MerconKabut asap hitam dampak kebakaran pabrik pupuk di Mranggen Demak sampai di Jalan Majapahit Semarang, Jumat (22/7/2022). (IDN Times/Siani/bt)

Salah satu warga Jalan Patiunus Gayamsari Semarang, Siani mengatakan, dampak kebakaran pabrik pupuk di Mranggen sampai di sekitar rumahnya. Asap hitam mengepul tampak sampai depan rumah disertai bau seperti petasan yang terbakar.

‘’Iya ada asap hitam kayak orang habis bakar-bakar terus baunya seperti mercon,’’ ungkapnya saat dihubungi, Jumat (22/7/2022).

Baca Juga: Penyebab Kebakaran Relokasi Pasar Johar, Sumber Api dari Blok F-4

2. Dampak kebakaran hingga Semarang Barat

Dampak Kebakaran Pabrik Pupuk Mranggen, Warga Keluhkan Asap Bau MerconKabut asap hitam dampak kebakaran pabrik pupuk di Mranggen Demak sampai di Jalan Siliwangi Semarang Barat Semarang, Jumat (22/7/2022). (IDN Times/Siani/bt)

Dampak itu dirasakan warga meskipun lokasi tempat tinggal mereka jauh dari lokasi kejadian yang berada di Mranggen, Demak.

‘’Saat ini masih baunya, kadang lewat menyengat kadang ilang,’’ tuturnya.

Tidak hanya di kawasan Patiunus, Gayamsari yang berjarak 12 kilometer dari lokasi kejadian yang merasakan dampak kebakaran. Warga di wilayah Karangayu, Semarang Barat juga merasakan hal yang sama.

‘’Padahal lokasinya jauh banget dari pabrik pupuk yang kebakaran tapi bau asapnya kok tercium sampai sini. Semangit, seperti kabel terbakar,’’ ungkap Haris warga Jalan Kenconowungu Semarang Barat saat dikonfirmasi IDN Times.

3. Penyebab kebakaran pabrik pupuk masih diselidiki

Dampak Kebakaran Pabrik Pupuk Mranggen, Warga Keluhkan Asap Bau MerconKobaran api yang membakar kompleks pabrik pengolahan pupuk CV Saprotan Utama di Desa Bandungrejo, Mranggen, Demak, Jawa Tengah, Kamis (21/7/2022). Belum diketahui penyebab serta kerugian akibat terbakarnya pabrik tersebut, sementara sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kobaran api. (ANTARA/Aji Styawan)

Kabut asap hitam juga memenuhi jalanan dan mengganggu jarak pandang warga yang beraktivitas di jalan pagi tadi.

‘’Tadi saat antar anak sekolah, di daerah Simpang Lima berkabut sekali dan baunya seperti petasan. Bikin sesak napas,’’ ujar Restu warga Gajahmungkur.

Dilansir Antara, hingga sekarang Polres Demak terus menyelidiki mengenai penyebab kebakaran. Saat kejadian tersebut personel gabungan mengevakuasi pasien di Rumah Sakit Pelita Harapan yang lokasinya tidak jauh dari pabrik pupuk.

Baca Juga: Pedagang Korban Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang Disuruh Pindah

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya