Hari Jadi ke-470 Kota Kudus, Pemkab Gelar Festival Karnaval Budaya

Angkat tema kebudayaan kota Kudus yang beraneka ragam jenis

Laporan Oetoro Aji

Kudus, IDN Times - Kirab budaya dalam rangka hari jadi ke-470 Kabupaten Kudus Senin (23/9) berlangsung meriah. Kirab dan Karnaval Budaya yang digelar mengangkat tema kebudayaan kota kudus yang beraneka ragam jenis.

Nampak dari para peserta yang antusias mengikuti rangkaian karnaval tersebut. Berbagai macam penampilan seni kebudayaan yang ditampilkan dalam festival karnaval kebudayaan tersebut.

Seperti kebudayaan seni barong, kisah kerajaan Kudus tempo dulu, tari-tarian kebudayaan asli Kudus, kisah para leluhur pendiri dan penyebar agama di Kota Kudus dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Karnaval Budaya, Polisi dan TNI di Lamongan Berdandan Ala Orang Papua 

1. Karnaval dibuka dengan atraksi Polantas sosialisasikan tertiban Lalu Lintas

Hari Jadi ke-470 Kota Kudus, Pemkab Gelar Festival Karnaval BudayaIDN Time/Oetoro Aji

Acara festival dibuka dengan digelarnya atraksi dari polantas Polres Kudus dengan menaiki moge dengan maksud untuk mensosialisasikan tertib lalu lintas. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kenyamanan berkendara bersama.

Atraksi lainnya yakni iring-iringan drumband dari SMK Wisudha Karya juga turut mempertunjukkan ketrampilan mereka dalam karnaval tersebut. Keserasian dan kekompakan yang mereka tampilkan mampu menyedot antusiasme dari para penonton.

Dari berbagai kirab budaya yang ditampilkan, SMA 1 Kudus adalah salah satu peserta yang menyuguhkan penampilan yang menceritakan kisah kehidupan kerajaan di kabupaten Kudus. Dalam penampilan itu diisi dengan toleransi dan gotong royong antara sesama manusia.

2. Plt Bupati Kudus berikan apresiasi

Hari Jadi ke-470 Kota Kudus, Pemkab Gelar Festival Karnaval BudayaIDN Times/Oetoro Aji

Plt Bupati Kudus, HM Hartopo yang membuka prosesi acara kirab budaya ini menyambut baik dan memberikan apresiasinya kepada para peserta yang telah memberikan penampilan terbaiknya.

Rasa bangga terhadap kebudayaan daerah juga ditunjukkan oleh HM Hartopo salah satunya dengan membuka karnaval budaya yang menggunakan bahasa daerah khas kudusan.

3. Sekda Kudus meminta momen hari jadi Kudus ke depan tidak ada lagi korupsi

Hari Jadi ke-470 Kota Kudus, Pemkab Gelar Festival Karnaval BudayaIDN Times/Oetoro Aji

Sekda Kabupaten Kudus Sam'ani Intakhoris menambahkan dimomen hari jadi ini sebagai salah satu kegiatan pelestarian seni dan kebudayaan daerah yang harus selalu di jaga.

Selain itu, dalam kesempatan ini Sam'ani juga tak lupa mendoakan agar kota Kudus ke depannya akan menjadi lebih aman dan nyaman lagi, bisa berbenah untuk menjadi lebih baik lagi.

"Semoga kabupaten Kudus dengan bertambahnya usia menjadi semakin maju dan bertambah dewasa. Dalam diadakanya kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat para ASN, warga masyarakat semua, termasuk juga para pelaku usaha,” lanjutnya.

“Diharapkan juga kedepanya ada perbaikan birokrasi bagi ASN sehingga tidak ada lagi yang namanya kasus korupsi atau suap,” tandasnya.

Baca Juga: 60 Saksi di Kudus Diperiksa KPK Dalam Kasus Dugaan Korupsi Tamzil 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya