Lulus Seleksi, 30 Calon Taruna Akmil Magelang Positif Virus Corona

Kini mereka diisolasi terpisah di RS dr Soedjono, Magelang

Semarang, IDN Times - Sebanyak 30 calon taruna (catar) Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah kedapatan positif virus corona (COVID-19). Sebagian dari mereka diisolasi di Rumah Sakit dr Soedjono Magelang.

1. Beberapa merasakan gejala batuk dan pilek

Lulus Seleksi, 30 Calon Taruna Akmil Magelang Positif Virus CoronaInstagram.com/akmil.id

Hal itu diketahui dari teleconference berkala mengenai catar Akmil yang positif COVID-19 yang dilakukan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa, yang ditayangkan pada akun Youtube resmi TNI AD, Minggu (6/9/2020). Kepala Kesehatan Kodam IV Diponegoro, Kolonel CKM, dr Rusli mengatakan ke-30 catar tersebut diisolasi secara terpisah di rumah sakit.

"Sampai saat ini para catar Akmil dalam kondisi baik, meskipun ada beberapa dengan keluhan batuk pilek ringan yang sudah semakin membaik. Kami lakukan tes swab di hari ketujuh (Minggu, 6 September 2020) ini. Namun hasilnya belum keluar," jelasnya dilansir IDN Times.

2. Seleksi bagi catar yang positif akan dilakukan terpisah

Lulus Seleksi, 30 Calon Taruna Akmil Magelang Positif Virus CoronaInstagram.com/akmil.id

Atas informasi tersebut, KSAD Andika memberikan arahan agar para catar yang masih diisolasi mendapatkan hak-haknya sebagai calon taruna Akmil di Magelang, Jawa Tengah.

"Jangan sampai mereka diisolasi di rumah sakit kehilangan hak-hak mereka untuk dapat melanjutkan seleksi ke tahap berikutnya. Kalau mereka diisolasi di Akmil, mereka akan tetap dapat menjalankan tahapan (seleksi) berikutnya secara terpisah," papar Andika.

3. KSAD minta catar yang positif COVID-19 tetap bisa ikut seleksi

Lulus Seleksi, 30 Calon Taruna Akmil Magelang Positif Virus CoronaKunjungan KSAD ke kampus UNJANI Cimahi. IDN Times/Bagus F

KSAD juga meminta kepada Aspers KSAD untuk menindaklanjuti kepada panitia pusat supaya para catar dapat melanjutkan proses seleksi ke tahap berikutnya. Andika juga menegaskan supaya mereka tak dirugikan dalam proses sebagai catar di Akmil lantaran positif terkena virus corona.

"Aspers (KSAD) akan langsung menghubungi panitia pusat soal catar agar bisa terus ikut seleksi tanpa harus dirugikan hanya karena mereka positif COVID-19. Jangan sampai merugikan hak-hak mereka yang sudah lulus dari daerah, kemudian gagal hanya karena virus corona," terangnya.

Baca Juga: Viral, Lomba Adu Pandang Foto Mantan Terlama di Magelang, Baper Abis!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya