Comscore Tracker

4 Cara Udinus Semarang Uji Coba PTM, Mahasiswa Wajib Tes Antigen

Tapi uji coba PTM disetop saat PPKM Level 3, lho

Semarang, IDN Times - Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) mulai dilakukan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, Udinus memastikan proses uji coba PTM hanya untuk mata kuliah praktek. 

1. Udinus sudah bentuk satgas COVID-19

4 Cara Udinus Semarang Uji Coba PTM, Mahasiswa Wajib Tes AntigenProses perkuliahan berlangsung di Udinus dengan standar protokol kesehatan yang ketat. (Dok Humas Udinus)

Ketua Satgas COVID-19 Udinus, Prof Dwiarso Utomo menyatakan telah membentuk satgas penanggulangan COVID-19 yang diketuai oleh dirinya sebagai Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan serta dibawah naungan langsung dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) serta Satgas COVID-19 Kota Semarang. 

"Uji coba PTM dimulai Rabu (1/12/2021) dan berjalan lancar. Para mahasiswa juga telah mengikuti aturan prokes. Kita berharap dapat menjaga konsistensi kelancaran tersebut," kata Dwiarso dalam keterangan kepada IDN Times, Kamis (2/12/2021). 

Jalannya uji coba PTM secara terbatas tersebut tertuang dalam surat keputusan Rektor Udinus dengan nomor 138/KEP/UDN-01/X/2021. 

Baca Juga: Menguak Super Komputer Udinus yang Kelola Big Data Kota Semarang

2. Mahasiswa yang ikut uji coba PTM terbatas wajib swab antigen

4 Cara Udinus Semarang Uji Coba PTM, Mahasiswa Wajib Tes AntigenSejumlah mahasiswa Udinus Semarang mencuci tangan di wastafel depan pintu masuk kampusnya. (Dok Humas Udinus Semarang)

Setiap mahasiswanya yang diizinkan mengikuti uji coba PTM harus sudah menjalani vaksinasi COVID-19, suhu tubuhnya tidak lebih dari 37,5 derajat, dan berdomisili di Kota Semarang atau Kota Kediri. 

Tak cuma itu saja, ia juga menekankan jika setiap mahasiswa wajib mengisi form screening COVID-19 dan telah mendapat izin dari orang tuanya. 

"Kita mewajibkan mahasiswa yang ikut uji coba PTM mesti dites swab antigen terlebih dulu. Kemudian menunjukan hasil tes kesehatannya kepada petugas di gedung fakultas," bebernya. 

3. Udinus wajibkan mahasiswa pakai Peduli Lindungi

4 Cara Udinus Semarang Uji Coba PTM, Mahasiswa Wajib Tes AntigenSeorang mahasiswa Udinus Semarang melakukan scan aplikasi Peduli Lindungi sebelum masuk kampus. (Dok Humas Udinus Semarang)

Ketika masuk kampus, katanya mahasiswa harus melakukan scan barcode di aplikasi Peduli Lindungi. 

Menurutnya saat ini kampusnya menawarkan mata kuliah yang terbatas dan hanya kuliah praktek yang diadakan saat uji coba PTM. 

Berbagai peralatan seperti wastafel, pengukur suhu, barcode Peduli Lindungi telah disiapkan di tempat masuk setiap gedung. Tim Satgas COVID-19 Udinus akan rutin melakukan pengecekan terhadap jalannya uji coba PTM terbatas. 

Meski begitu, uji coba PTM terbatas akan berhenti sementara menyusul ditetapkannya PPKM level 3 secara nasional pada 24 Desember 2021--2 Januari 2022. PTM akan dilanjutkan kembali pada 3 Januari 2022 hingga akhir semester ganjil. 

4. Mahasiswa Animasi akui kesulitan belajar online

4 Cara Udinus Semarang Uji Coba PTM, Mahasiswa Wajib Tes AntigenKondisi kantin di Udinus Semarang menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Dok Humas Udinus Semarang)

Sedangkan, seorang mahasiswa Prodi D-4 Animasi Udinus, Leonardo Kevin Wijaya mengaku gembira bisa masuk kuliah lagi. Sebab, dengan adanya PTM terbatas dapat menunjang dirinya untuk mengikuti kuliah praktek. 

“Perkuliahan praktek jika dilakukan secara online juga sulit, banyak kendala juga salah satunya jaringan. Semoga teman-teman yang ikut uji coba PTM juga patuh terhadap protokol kesehatan yang ada," tandasnya.

Baca Juga: Jurus Ampuh Udinus Kembangkan Kecerdasan Buatan dengan Pelaku Industri

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya