Comscore Tracker

Binus Semarang Punya Program Unik Hadapi Tantangan Bangsa, Ini Reaksi Mendikbud

Binus komitmen cetak entrepreneur

Semarang, IDN Times - Kampus Bina Nusantara (Binus) yang hadir di Kota Semarang telah memiliki sejumlah terobosan untuk program studi (prodi) bagi mahasiswanya. 

Salah satu yang digadang-gadang menjadi program studi favorit yaitu berkaitan dengan pembelajaran revolusi industri 4.0.

"Untuk menghadapi tantangan bangsa Indonesia di masa depan yang semakin ketat, maka kampus kita di Semarang memiliki pembelajaran mengenai revolusi industri 4.0. Ini juga untuk menjawab kebutuhan generasi muda di era serba digital," kata Prof Harjanto Prabowo, Rektor Binus University ketika hadir dalam sesi perkenalan program unggulan di Binus Semarang, Kamis (18/8/2022). 

Baca Juga: Binus Gandeng BCA Digital Hadirkan Solusi Pembayaran bagi Mahasiswa

1. Binus Semarang punya program startup

Binus Semarang Punya Program Unik Hadapi Tantangan Bangsa, Ini Reaksi MendikbudIlustrasi Startup (IDN Times/Aditya Pratama)

Prodi lainnya, ia bilang terdapat startup untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait bisnis digital maupun digital marketing

2. Mahasiswa Binus Semarang bisa kuliah di daerah lain

Binus Semarang Punya Program Unik Hadapi Tantangan Bangsa, Ini Reaksi MendikbudKampus Bina Nusantara di Bekasi (dok. Binus University via binus.ac.id)

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan untuk memajukan dunia pendidikan di Tanah Air, pihaknya telah merancang sistem pembelajaran untuk beberapa tahapan. 

Bagi mahasiswa semester satu dan semester dua bisa tetap berkuliah di Semarang. Namun jika telah menginjak semester tiga dan empat, mahasiswa Binus akan ditawari untuk memilih lokasi perkuliahan di Jakarta, Bandung, atau Malang. 

Setelah merampungkan semester empat, mahasiswa Binus bisa kembali lagi berkuliah di Semarang untuk menyelesaikan semester akhirnya. Ia menyebutkan program belajar tersebut menjadi hal menarik bagi mahasiswanya agar memiliki pengetahuan yang luas. 

"Binus terus berkomitmen dua dari tiga lulusan bisa kerja di perusahaan multinasional ataupun top nasional. Dan bisa menjadi entrepreneur. Program yang disiapkan 2+1+2 diharapkan akan memenuhi komitmen itu," kata Harjanto. 

3. Nadiem Makarim sarankan Binus perluas kesempatan bagi Millennial

Binus Semarang Punya Program Unik Hadapi Tantangan Bangsa, Ini Reaksi MendikbudMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Sementara, Mendikbud Dikti, Nadiem Anwar Makarim saat menghadiri peresmian program kuliah Binus Semarang secara online mengaku memberikan apresiasinya atas capaian yang dilakukan selama ini. 

Nadiem dalam keterangannya menuturkan Binus Semarang perlu membuka kesempatan yang luas bagi para millennial agar bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas. 

"Dengan ini saya meresmikan sekolah Binus dan Binus University Semarang. Mari terus melebarkan sayap untuk membuka kesempatan lebih luas bagi anak-anak Indonesia untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas. Serta menyatukan langkah kita secara serentak mewujudkan Merdeka Belajar," kata Nadiem. 

Baca Juga: Kolaborasi dengan Jepang, Yuk Intip 3 Program di Sekolah Teknik Binus!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya