Evaluasi Uji Coba PTM Jateng, Ganjar Perintahkan Penambahan Kelas 

Ganjar ngaku tak ada hambatan selama uji coba PTM

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan proses pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di wilayahnya akan dilanjutkan untuk tahap kedua. Pasalnya, orang nomor satu di Jateng tersebut menganggap hasil evaluasi PTM sepekan terakhir sudah berjalan cukup bagus dan tidak ada kendala apapun. 

"Evaluasinya bagus, sampai hari ini tidak ada problem. Maka sekarang lagi didesain dan saya sampaikan kepada sekolah yang melaksanakan PTM, saya kasih izin kalau mau nambah kelas," ungkapnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (26/4/2021). 

1. Ganjar kepengin PTM tahap kedua ditambah jadi 6-12 kelas

Evaluasi Uji Coba PTM Jateng, Ganjar Perintahkan Penambahan Kelas Uji coba pembelajaran tatap muka di SMP 5 Semarang. (dok. SMP 5 Semarang)

Ganjar berkata uji coba PTM tahap kedua nantinya digelar tanggal 26 April sampai 7 Mei mendatang.

Menurutnya jika selama ini setiap sekolah hanya boleh menggelar uji coba PTM maksimal untuk dua hingga tiga kelas, maka nantinya jumlah kelas untuk PTM tahap kedua ditambah jadi enam kelas hingga 12 kelas. 

"Bisa saja ditambah jadi enam kelas. Kalau enam kelas dibagi dua setidaknya ada 12 kelas. Jadi latihannya jadi banyak," bebernya. 

Baca Juga: Uji Coba PTM di Jateng, Guru Gak Tertib, Berkerumun Tidak Pakai Masker

2. Ganjar minta sekolah usulkan penambahan kelas untuk uji coba PTM kedua

Evaluasi Uji Coba PTM Jateng, Ganjar Perintahkan Penambahan Kelas Uji coba PTM di SMAN 2 Nganjuk. IDN Times/Dok. Istimewa

Pihaknya saat ini mengizinkan kepada setiap kepala sekolah guna mengajukan usulan penambahan kelas selama PTM tahap kedua. Hanya saja nantinya bakal dilakukan cek ulang terkait penerapan prokes apakah memenuhi syarat atau tidak. 

"Sekolah yang mau melaksanakan PTM baru, saya minta usulannya dulu, agar kita bisa pastikan bahwa sekolah siap. Kemungkinan potensi yang menambah sekarang jumlah kelasnya," lanjutnya.

3. Kepsek SMAN 4 Semarang ngaku prokes PTM di sekolahnya sudah 100 persen

Evaluasi Uji Coba PTM Jateng, Ganjar Perintahkan Penambahan Kelas Petugas Satpol PP Kota Padang, memonitoring pelaksanaan belajar tatap muka. IDN Times/Andri NH

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Semarang, Eny Wiji Ngudi Rahayu menyampaikan di sekolahannya sudah siap menggelar PTM tahap kedua. 

Ia beralasan penegakan aturan protokol kesehatan selama ini sudah rapi bahkan prosentasi capaiannya sebesar 100 persen. "Capaian protokol kesehatannya sudah 100 persen. Hambatannya gak ada yang menonjol. Kita sudah minta keterangan kepada salah satu orangtua murid dan dia ngakunya gak mempermasalahkan anaknya ikut PTM," ujar Eny saat dihubungi IDN Times. 

4. SMAN 4 akan tambah siswa uji coba PTM sebanyak 201 orang

Evaluasi Uji Coba PTM Jateng, Ganjar Perintahkan Penambahan Kelas Para siswi SMAN 4 Semarang saat uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Dok Humas Pemprov Jateng

Eny bilang saat PTM kedua, pihaknya akan membuka kuota bagi 201 peserta didik. Jumlahnya bertambah 30 persen ketimbang kondisi tahap pertama yang hanya diikuti 140 orang. "Karena maksimal aturannya hanya boleh 201 siswa, maka nanti yang uji coba tahap kedua siswa yang bisa ikut ya cuma segitu, Mas," tutupnya. 

Baca Juga: Uji Coba PTM di Semarang, Sekolah Wajib Laporan Kondisi Toilet

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya