Comscore Tracker

Gelombang Kelvin Terjang Laut Jawa, Kampung Nelayan Jateng Terendam Banjir

Puncak banjir rob terjadi selama 7 jam

Semarang, IDN Times - Siklus Gelombang Kelvin yang melanda Laut Jawa telah berdampak terhadap aktivitas para nelayan di pesisir utara Jawa Tengah. Sejumlah masyarakat yang tinggal di kampung nelayan saat ini telah diminta mewaspadai peningkatan banjir rob yang muncul selama tiga hari terakhir. 


"Kita telah memperkirakan ada kenaikan banjir rob di sepanjang pesisir utara. Puncak rob terjadi mulai hari ini sampai tanggal 24 April 2021," ujar Ganis Erutjahyo, Koordinator Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Emas Semarang, ketika dihubungi IDN Times, Kamis (22/4/2021). 

1. TPI Wonokerto Pekalongan dihantam rob dengan ketinggian bervariasi

Gelombang Kelvin Terjang Laut Jawa, Kampung Nelayan Jateng Terendam BanjirIlustrasi - Warga bermain bersama anaknya saat banjir rob di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Rabu (21/10/2020). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Lebih lanjut, Ganis menyebut telah mengeluarkan peringatan dini bagi warga kampung nelayan agar mengantisipasi datangnya limpasan air pasang yang lebih tinggi ketimbang kondisi normal. 

Ia bilang untuk siang ini kawasan TPI Wonokerto Pekalongan telah terendam rob dengan ketinggian bervariasi. Banjir rob juga melanda sejumlah kampung nelayan di Tambaklorok, Kota Semarang dan daerah Morodemak, Kabupaten Demak. 

Baca Juga: Petambak Pantura Jateng Geram Impor Garam Ditambah 3,1 Juta Ton

2. Pelabuhan Tanjung Emas terendam banjir setinggi 165 sentimeter

Gelombang Kelvin Terjang Laut Jawa, Kampung Nelayan Jateng Terendam BanjirIDN Times/Dhana Kencana

Di lokasi Pelabuhan Tanjung Emas, katanya banjir rob telah menerjang setinggi 165 sentimeter. 

"Dari pengukuran alat yang kita pasang di muara pelabuhan mendeteksi ketinggian banjir rob jam 12 siang tadi sudah 145 sentimeter, pukul 2 siang sudah naik lagi jadi 165 sentimeter. Tapi kalau di beberapa titik dari pengamatan Pusdalop TNI AL sekitar 80 sentimeter," ungkapnya. 

3. Puncak banjir menerjang pesisir utara Jateng jam 14.00-21.00 malam

Gelombang Kelvin Terjang Laut Jawa, Kampung Nelayan Jateng Terendam BanjirANTARA FOTO/Reno Esnir

Lebih jauh lagi, pihaknya menekankan puncak banjir rob akan terjadi mulai pukul 14.00-21.00 WIB malam. Pihaknya menyarankan kepada warga kampung nelayan untuk meningkatkan kesiapsiagaan sekaligus mewaspadai banjir yang lebih besar pada malam hari. 

"Untuk aktivitas para nelayan yang melaut belum ada gangguan. Kecuali jika akan merapat kondisi dermaga tergenang tentu cukup merepotkan saat hendak menyandarkan perahu," terangnya. 

Ia mengatakan gelombang Kelvin merupakan siklus alam yang kerap muncul setiap tahun. Gelombang Kelvin yang bulan ini melanda perairan Laut Jawa berdampak signifikan terhadap kehidupan warga pesisir utara Jateng. 

Baca Juga: Awasi Kapal Nelayan, Pelabuhan Ikan Pantura Jateng Dipasangi CCTV

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya