Comscore Tracker

Hari Tanpa Bayangan Muncul di Semarang, Cuaca Kian Panas, Suhu Udara 35-36 Derajat

Merata terjadi di semua daerah di Jateng, ini daftarnya

Semarang, IDN Times - Kota Semarang mengalami hari tanpa bayangan pada Senin (11/10/2021). Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari BMKG, wilayah di Kota Semarang menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang mengalami hari tanpa bayangan tepat jam 11:24:59 WIB.

1. Kemunculan hari tanpa bayangan bikin cuaca Semarang tambah panas

Hari Tanpa Bayangan Muncul di Semarang, Cuaca Kian Panas, Suhu Udara 35-36 DerajatPixabay

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang, Iis Widya Harmoko mengatakan, hari tanpa bayangan atau kulminasi yang muncul di bulan Oktober 2021 akan menyebabkan temperatur udara menjadi semakin panas. 

"Kulminasi ini bertepatan pada bulan Oktober yang merupakan kondisi dimana suhu lebih panas dibandingkan bulan-bulan lainnya," katanya kepada IDN Times

Ia menyatakan suhu udara pada bulan ini 35-36 derajat celcius. Suhu udara mengalami peningkatan lantaran posisi matahari tepat berada di atas Pulau Jawa. 

Baca Juga: Ini Waktu dan Lokasi Hari Tanpa Bayangan di Indonesia

2. Daftar wilayah Jateng yang mengalami hari tanpa bayangan

Hari Tanpa Bayangan Muncul di Semarang, Cuaca Kian Panas, Suhu Udara 35-36 Derajat(Ilustrasi hari tanpa bayangan di Surabaya) IDN Times/Faiz Nashirillah

Hari tanpa bayangan di Jawa Tengah terjadi mulai tanggal 10--13 Oktober 2021.

Pada tanggal 10 Oktober 2021, hari tanpa bayangan muncul di Kabupaten Rembang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Tegal. 

Sedangkan tanggal 11 Oktober 2021, hari tanpa bayangan muncul di Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Semarang, Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Tegal.

Untuk tanggal 12 Oktober 2021, hari tanpa bayangan terjadi di Kota Solo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Purbalingga. 

Yang terakhir tanggal 13 Oktober 2021, hari tanpa bayangan terjadi di Kabupaten Kebumen, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Cilacap. 

Terdapat 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang mengalami hari tanpa bayangan dengan durasi waktu yang berbeda-beda. 

"Selain Semarang, ada sejumlah wilayah lainnya yang mengalami hari tanpa bayangan. Mulai tanggal 10 Oktober, tanggal 11, tanggal 12 maupun tanggal 13," imbuhnya. 

3. Hari tanpa bayangan merupakan efek matahari berada di posisi tertinggi di langit

Hari Tanpa Bayangan Muncul di Semarang, Cuaca Kian Panas, Suhu Udara 35-36 DerajatMatahari terbit terlihat dari Candi Borobudur di Magelang. ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Diungkapkan bahwa hari tanpa bayangan muncul dari kejadian alam ketika letak matahari berada tepat di posisi tertinggi di langit. 

Ia menyebut dengan posisi matahari tersebut, maka terjadi kulminasi atau transit alias istiwa'. Informasi yang dihimpun dari BMKG, saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, sehingga kejadian ini disebut sebagai kulminasi utama. 

Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat "menghilang", karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan.

Baca Juga: Suhu Udara Kota Semarang Tambah Gerah Karena Fenomena Kulminasi Utama

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya