Comscore Tracker

Jelang Bebas, Puluhan Napi di Semarang Dihypnotherapy, Ini Alasannya

Untuk membuat pikiran lebih tenang

Semarang, IDN Times - Menjelang pembebasan bersyarat, puluhan narapidana di Lapas Kelas IA Kedungpane, Semarang menjalani hypnotherapy, pada Senin (18/11). 

Dalam kegiatan tersebut, seorang mentor dari Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes), memandu setiap narapidana untuk menjalani proses relaksasi di sebuah aula milik Lapas Kedungpane. 

1. Hypnotherapy dimanfaatkan untuk merubah pikiran buruk pada diri narapidana

Jelang Bebas, Puluhan Napi di Semarang Dihypnotherapy, Ini Alasannyasaramaudehypnotherapy.com

Seorang mentor dari Unnes, Yurid Zaeda Zein, menuturkan setiap narapidana diarahkan sedemikian rupa untuk memfokuskan pikirannya agar menjadi tenang. 

Kemudian, katanya beberapa kata motivasi diucapkan berulang kali untuk menanamkan sisi kebaikan manusia agar bisa dibawa ke alam bawah sadar. 

"Ini jadi teknik mengolah alam bawah sadar dengan masuk ke kondisi relaksasi. Kita berusaha membuat sebuah pikiran yang positif dengan membangun sugesti," katanya kepada IDN Times.

Baca Juga: LP di Daerah Overload, Terpidana Seumur Hidup Dipindah ke Kedungpane

2. Setiap napi diharapkan tenang menghadapi persoalan saat bebas dari penjara

Jelang Bebas, Puluhan Napi di Semarang Dihypnotherapy, Ini AlasannyaIDN Times/Fariz Fardianto

Setiap narapidana, tambahnya diharapkan bisa mengubah pola pikirnya menjadi lebih baik dan tenang dalam menghadapi setiap persoalan di lingkungan keluarga masing-masing. 

“Kebahagiaan adalah harapan semua insan manusia, karena dengan bahagia, semua aktivitas kita akan berjalan lancar," terangnya. 

Sedangkan, bagi Arif seorang narapidana setempat, hypnotherapy yang ia ikuti kali ini bisa membuat pikirannya tambah jernih dan merasa tenang ketimbang kondisi sebelumnya. 

"Senang bisa mengikuti kegiatan ini, selain dapat mengurangi rasa penat juga dapat menyiapkan mental diri untuk tidak takut gagal dan tidak takut miskin karena saya akan berusaha untuk meraih impian saya," ujar narapidana kasus narkoba yang telah menjalani pidana empat tahun tersebut.

3. Kasi Binmas Kedungpane: Biar mereka siap menghadapi tantangan di luar sana

Jelang Bebas, Puluhan Napi di Semarang Dihypnotherapy, Ini AlasannyaIDN Times/Fariz Fardianto

Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan, Ari Tris Ochtia Sari mengatakan, hypnotherapy yang digelar di lapasnya diikuti puluhan narapidana dari berbagai kasus tindak kejahatan. 

Menurutnya ini jadi cara yang ampuh untuk merubah mental narapidana yang hendak bebas dari penjara. 

Lebih jauh, ia menganggap bahwa setiap narapidana yang hendak bebas harus membuang niat buruknya. Sehingga keberadaan mereka dapat diterima kembali oleh masyarakat. 

"Tujuannya buat ngasih bekal kepada warga binan yang menjelang bebas agar mereka mampu mempersiapkan diri untuk menghadapi segala tantangan yang akan dihadapi di dunia luar sana," paparnya. 

Baca Juga: Kemarau Panjang, 300 Napi Kedungpane Salat Istisqa Berdoa Minta Hujan

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Just For You