Comscore Tracker

Klaster PTM, Puluhan Siswa dan Guru Jepara dan Blora Kena COVID-19 

Dinkes Jateng klaim banyak yang sembuh dari virus corona

Jepara, IDN Times - Tahapan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah memicu klaster penularan virus corona. Dinas Kesehatan Jawa Tengah mencatat ada puluhan siswa yang terpapar COVID-19 setelah mengikuti PTM sekolah.

1. Ada 3 guru dan 25 siswa di Jepara positif COVID-19

Klaster PTM, Puluhan Siswa dan Guru Jepara dan Blora Kena COVID-19 Ilustrasi pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo berkata puluhan siswa asal Jepara tersebut berstatus orang tanpa gejala alias OTG.

"Laporan dari Jepara, ada satu sekolahan setelah dilakukan screening ada siswa yang positif sekitar 25 siswa dan tiga guru. Dan, semuanya tanpa gejala," kata Yulianto dalam keterangan kepada IDN Times, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga: Praktek di Kapal, Siswa SMK Jepara Tenggelam Tercebur di Sungai

2. Dinkes klaim siswa yang OTG banyak yang sembuh

Klaster PTM, Puluhan Siswa dan Guru Jepara dan Blora Kena COVID-19 Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Pihaknya pun tak menampik jika situasi yang terjadi di Jepara merupakan penularan COVID-19 secara masif. Sehingga kondisinya sekarang menjadikan klaster pada program PTM.

Yulianto menegaskan siswa dan guru yang positif COVID-19 sementara ini berangsur sudah sembuh. Namun, katanya aktivitas sekolah tersebut kembali ditutup.

"Yang positif diisolasi, juga tracing dan testing. Semuanya OTG dan sudah banyak yang sembuh," akunya.

3. Di Blora muncul puluhan kasus COVID-19 saat PTM

Klaster PTM, Puluhan Siswa dan Guru Jepara dan Blora Kena COVID-19 Gubernur Ganjar Pranowo saat sidak uji coba PTM di Semarang. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Sedangkan untuk PTM di Kabupaten Blora, juga ditemukan kasus penularan COVID-19. Temuan kasusnya didapat saat pihak sekolah awalnya melakukan skrining kesehatan bagi para guru dan muridnya. 

Hasil yang didapat dari beberapa sekolahan di Blora saat ini ada 40 kasus penularan COVID-19.

"Ada delapan sekolah melakukan screening sebelum PTM di Blora, dan ditemukan sekitar 40-an kasus. Tapi bukan klaster sekolah," tuturnya.

4. Guru-guru di Blora ketularan virus corona

Klaster PTM, Puluhan Siswa dan Guru Jepara dan Blora Kena COVID-19 Ilustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan temuan kasus COVID-19 di Blora diklaim dari penularan para guru. 

Dirinya mengaku sudah memerintahkan seluruh kepala Disdik untuk kroscek ke lokasi sekolahan supaya guru-gurunya juga punya kesadaran untuk sehat.

“Yang menarik semuanya itu orang tua, artinya guru. Saya perintahkan seluruh Kadinas harus mengecek, pastikan guru harus sehat. Kalau tidak ini bahaya. Beberapa kejadian MTs di Jepara 28 orang terdeteksi, 25 siswa dan 3 guru. Saya komunikasi dengan Kemenag untuk tutup. Jangan sampai kita kasih stempel gagal," cetusnya.

Baca Juga: Ikut PTM Puluhan Siswa di Jateng Positif COVID-19, Langsung Isolasi

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya