Peringati HUT RI, Nelayan Kibarkan Merah Putih di Laut Jawa

11 Perahu nelayan ikut terlibat

Semarang, IDN Times-Belasan nelayan dari Kampung Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Emas, Semarang Utara ikut merayakan HUT Ke-74 Republik Indonesia. Mereka mengibarkan Sang Saka Merah Putih di perairan Laut Jawa.

Salah nelayan yang ikut upacara bendera adalah Darmadi. Warga RT 05 Tambaklorok tersebut mengaku senang bisa dilibatkan dalam rangkaian upacara untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI Ke-74. 

1. Nelayan mengaku bangga bisa menggelar upacara di atas perahu

Peringati HUT RI, Nelayan Kibarkan Merah Putih di Laut JawaIDN Times/Sunariyah

Salah satu nelayan, Darmadi, warga RT 05 Tambaklorok mengaku peristiwa itu, menjadi pengalaman berharga bagi dirinya. Selain itu, upacara itu bisa menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air. Menurutnya ada 11 perahu yang ikut dilibatkan dalam acara tersebut.

"Bangga sekali bisa ikut dilibatkan dalam upacara tujuh belasan. Apalagi tempatnya di lautan kayak gini. Serasa menyatu dengan pekerjaan sehari-hari sebagai nelayan," ujar pria 40 tahun ini, di sela pengibaran bendera Merah Putih di Laut Jawa, Sabtu (17/8).

Baca Juga: Mendapat Remisi HUT RI Ke-74, 208 Napi di Jateng Langsung Bebas

2. Nelayan menilai upacara di laut merupakan peristiwa unik

Peringati HUT RI, Nelayan Kibarkan Merah Putih di Laut JawaIDN Times/Nelayan Membawa Hasil Tangkapan Laut (Axel Jo Harianja)

Darmadi mengaku ikut upacara terakhir ketika masih duduk di bangku sekolah. Menurutnya upacara di tengah laut benar-benar spesial baginya dan rekan nelayan lainnya.

Terlebih lagi, lokasi upacara cukup unik. Bila biasanya upacara kerap dilakukan di kantor-kantor atau sekolah. Kali ini ia bisa ikut upacara di atas perahu yang mengapung.

"Saya jelas bangga karena punya pengalaman tidak terlupakan. Kalau tahun depan diajak lagi mau banget. Mudah-mudahan ada lagi yang kayak gini," akunya.

Baca Juga: Ganjar Ingatkan tak Perlu Bertanya Agama, Suku untuk Majukan Indonesia

3. Bendera Merah Putih ditancapkan di atas kapal milik Ditpolair Polri

Peringati HUT RI, Nelayan Kibarkan Merah Putih di Laut JawaIDN Times/Fariz Fardianto

Sedangkan, Komandan Polisi Taka Ditpolair Baharkam Polri, AKP Faisal Akbar menjelaskan Sang Saka Merah Putih dikibarkan di atas kapal Ditpolair. Ia yang jadi inspektur upacara mengaku bangga melihat para nelayan dengan khidmat mengikuti rangkaian upacara sampai selesai. 

"Ada tiga kapal kita yang mendampingi kegiatan upacara yaitu KP Taka, KP Nuri 3006 dengan komandan Iptu Mustofa, dan KP Albatros 3001. Harapan kita ya biar nelayan bisa mencintai negeri ini dan menumbuhkan semangat patriotisme," terangnya. 

Baca Juga: Sejumlah Warga Binaan di Kedungpane tak Ikut Upacara. Kok Bisa? 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya