Tabrakan Beruntun di Exit Tol Bawen, 7 Orang Luka Berat dan 11 Luka Ringan

Satu orang yang dikira MD, kondisinya masih hidup

Semarang, IDN Times - Sebanyak tujuh orang mengalami luka berat akibat terlibat tabrakan beruntun di Exit Tol Bawen Sabtu (23/9/2023) malam. Saat ini masih ada 11 orang lainnya mengalami luka-luka ringan dan saat ini sedang dirawat intensif di RS At Tin Bawen. 

Menurut pengakuan Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, dari tujuh orang yang luka berat itu, satu di antaranya kini kondisinya kritis.

Bayu juga mengklarifikasi bahwa korban meninggal dunia dalam tabrakan beruntun di Exit Tol Bawen berjumlah tiga orang. Untuk satu orang yang disebutkan media telah meninggal, saat ini kondisinya masih hidup namun kondisinya kritis. 

"Jadi MD (meninggal dunia) 3, dan 1 orang masih kritis luka berat. Yang luka berat dikira MD. Doakan biar sembuh," kata Bayu ketika dikonfirmasi IDN Times, Minggu (24/9/2023). 

Seperti diberitakan IDN Times, truk tronton yang disopiri Agus awalnya melaju dari arah Semarang menuju Solo. Saat melewati turunan depan Exit Tol Bawen, truk tronton mendadak hilang kendali meluncur hingga menyeruduk para pemotor dan mobil yang sedang berhenti di lampu merah. 

Sedangkan, Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra mengungkapkan dari data di lokasi kejadian terdapat tiga orang meninggal dunia. Yang mana dua orang warga Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Rudi Oky (24) dan Aditya Dwiky (18). 

"Sedangkan dua orang lainnya belum diketahui identitasnya. Adapun luka serius tujuh orang dirawat di RS At Tin Bawen, Ken Saras dan RSUD Ambarawa. Dan 11 lainnya luka ringan dirawat disini di RS At Tin Bawen," urainya. 

Adapun penyebab terjadinya kecelakaan, pihaknya juga menyampaikan diduga tidak berfungsinya rem pada kendaraan truk tronton tersebut. 

"Sesuai keterangan sopir dan kernet yang sudah kita amankan di Unit Lantas Polsek Ambarawa, didapat keterangan bahwa fungsi rem pada truk yang dikemudikan saudara Agus tidak berfungsi sebagaimana mestinya," tegasnya. 

Ia mengemukakan, personelnya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Baik kepada saksi di lokasi kejadian dan pihak pengemudi. Serta akan berkoordinasi dengan tim medis rumah sakit untuk mengetahui perkembangan korban kecelakaan yang masih dalam perawatan. 

"Kami tak henti hentinya menyampaikan imbauan kepada pengguna jalan untum tetap berhati-hati dan waspada, terutama dalam pengecekan fungsi kendaraan. Baik mesin, rem, kelistrikan, kesehatan pengemudi demi keselamatan dan kelancaran bersama." kata Oka. 

Baca Juga: Kronologi Truk Tronton Seruduk 4 Mobil dan 9 Motor di Depan Exit Tol Bawen

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya