Hujan Abu, Bandara Adi Soemarmo Ditutup, 3 Penerbangan Dibatalkan

Penutupan sekitar 2 jam akibat erupsi Gunung Merapi

Surakarta, IDN Times - Dampak dari erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Selasa (3/3)  pagi, pukul 05.30 WIB mengakibatkan dua jadwal penerbangan di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo dibatalkan. Tak hanya itu, bandara tersebut juga sempat ditutup sekitar 2 jam-an.

1. Bandara Adi Soemarmo sempat ditutup sementara

Hujan Abu, Bandara Adi Soemarmo Ditutup, 3 Penerbangan DibatalkanIlustrasi pesawat terbang. unsplash.com/Griselda Servin

Hujan abu yang terjadi di wilayah Solo dan sekitarnya mengakibatkan penerbangan di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo ditutup. Penutupan dilakukan mulai pukul 09.10 WIB hingga 11.30 WIB.

Dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto, menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi untuk memastikan keselamatan penerbangan.

“Untuk penerbangan, hingga saat ini masih Bandara Solo yang terdampak, dan telah dilakukan penutupan penerbangan sementara. Namun, untuk penerbangan, kami telah mengalihkan penerbangan ke wilayah yang tidak terkena dampak erupsi,” ungkapnya.

2. Ada 3 penerbangan yang terpaksa dibatalkan

Hujan Abu, Bandara Adi Soemarmo Ditutup, 3 Penerbangan DibatalkanIDN Times/Larasati Rey

Sementara itu, Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Danar Dewi menyatakan akibat penutupan tersebut, terdapat tiga jadwal penerbangan yang terdampak. Diantaranya dua jadwal penerbangan datang yang terpaksa dibatalkan. Sedangkan satu penerbangan keluar hingga saat ini masih dalam status on ground.

Dua penerbangan tersebut yakni Garuda Indonesia GA222 dengan rute Cengkareng-Solo (CGK-SOC) dan Air Asian QZ8454 dengan rute Denpasar-Solo (DPS-SOC). Pembatalan sendiri dilakukan setelah adanya penutupan bandara dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

"Untuk penerbangan yang terdampak dari bandara ada pesawat terdampak Lion JT 537 tujuan SOC-CGK, harusnya sesuai schedule berangkat jam 09.45 WIB, tapi ini stastusnya masih on ground PSO4," ujar Danar saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (3/3).

3. AirNav Indonesia keluarkan rute penerbangan yang terdampak

Hujan Abu, Bandara Adi Soemarmo Ditutup, 3 Penerbangan DibatalkanANTARA FOTO/Rizky Tulus

AirNav Indonesia juga telah mengeluarkan Ashtam nomor VAWR 9293 dan Notam Aerodrome Closed guna memberikan petunjuk bagi penerbang yang melalui wilayah erupsi Gunung Merapi.

Untuk diketahui, Ashtam VAWR 9293 menyatakan aktivitas erupsi gunung merapi menunjukan level Red atau Awas, yang berartikan gunung berapi menunjukan erupsi vulkanik sedang berlangsung.

Penerbangan internasional yang terdampak erupsi Gunung Merapi berada pada rute penerbangan A576S, G461. Sedangkan untuk penerbangan domestik berdampak pada rute W17N, W45, dan W52.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya