Comscore Tracker

Jokowi Gak Pakai Masker Saat Blusukan, Gibran Imbau Warga Tetap Pakai 

Presiden Jokowi lepas masker di luar ruangan.

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung blusukan usai menikahkan adiknya, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Kamis (26/5/2022) kemarin.

Pada blusukan tersebut Presiden Jokowi beberapa kali tidak memakai masker atau melepas. Ini terlihat saat di Taman Balekambang maupun Pasar Gede.

Momen Presiden Jokowi melepas masker sendiri dilakukan saat memberikan bantuan kepada warga.

Baca Juga: Gibran, Harry Tanoe, Winston Utomo Nobar Srimulat: Hil yang Mustahal

1. Minta warga tetap memakai masker

Jokowi Gak Pakai Masker Saat Blusukan, Gibran Imbau Warga Tetap Pakai Presiden Jokowi, Iriana Jokowi, & Gibran Rakabuming saat blusukan di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang turut serta mendamping ayahnya blusukan tersebut justru tetap memakai masker.

Ditanya soal Presiden Jokowi melepas masker saat blusukan. Gibran justru tetap meminta agar warga memakai masker dalam setiap agenda.

"Yo, sing liane ojo dilepas. Tetap pakai masker," ujarnya, Kamis (26/5/2022).

Gibran mengatakan jika pada saat blusukan di Taman Balekambang dan Pasar Mojosongo, Presiden Jokowi masih memakai masker.

Presiden Jokowi juga masih memakai masker saat dipernikahan Idayati dan Anwar Usman. Hanya pas foto saja melepas masker.

"Tadi masih pakai di dalam pasar. Di pernikahan tadi sempat melepas masker buat foto-foto," imbuhnya.

2. Masker untuk kesehatan.

Jokowi Gak Pakai Masker Saat Blusukan, Gibran Imbau Warga Tetap Pakai Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Gibran menegaskan, jika masker bukan hanya sebagai penangkal Covid-19 tapi juga untuk mencegah polusi dan yang lainnya.

Bahkan, Gibran menyebut jika memakai masker bisa menjadi gaya hidup masyarakat. "Masker itu penting. Bisa membuat ganteng, meningkatkan level kegantengan 20 persen. Ojo buru-buru melepas masker," pungkasnya.

Sebelumnya Gibran juga tetap meminta warganya untuk tetap memakai masker disaat pemerinta pusat melakukan pelonggar.

3. Presiden Jokowi lakukan blusukan di beberapa tempat.

Jokowi Gak Pakai Masker Saat Blusukan, Gibran Imbau Warga Tetap Pakai Presiden Jokowi berikan bantuan di Pasar Gedhe Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam kunjungan kerja di Kota Solo tersebut Presiden Jokowi melakukan blusukan, yakni di Taman Balekambang, Pasar Mojosongo, Pasar Gede, Pasar Gading, dan Pasar Harjodaksino. Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi memberikan bantuan sembako, BPNT, dan PKH ke warga yang menerima.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi sendiri sudah melonggarkan penerapan untuk penggunaan masker. Masyarakat boleh melepas masker saat berada di luar ruangan, sedangkan di dalam ruangan tetap memakai masker.

Baca Juga: Jokowi Blusukan Bareng Gibran, Beri Bantuan Sembako Hingga Modal Usaha

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya