Comscore Tracker

Koneksivitas Jadi Prioritas, KRL Komuter Jogja-Solo Segera Beroperasi

Menhub periksa kesiapan protokol kesehatan transportasi umum

Solo, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah, Jumat (26/6). Dalam kunjungan tersebut Menhub melihat kesiapan penerapan protokol kesehatan di fasilitas umum yakni bandara, stasiun, dan terminal.

1. Tinjau persiapan penerapan protokol kesehatan

Koneksivitas Jadi Prioritas, KRL Komuter Jogja-Solo Segera BeroperasiDok. PT KAI Daops VI Yogyakarta

Kunjungan Menhub tersebut untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di sejumlah simpul transportasi, seperti bandara, stasiun, dan terminal bus berjalan dengan baik dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Sejumlah simpul transportasi yang ditinjau, yaitu Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Bandara Adi Sumarmo (Solo), stasiun kereta api di Yogyakarta dan Solo, dan Terminal Tipe A Tirtonadi (Solo).

Dalam tinjauannya ke bandara, stasiun dan terminal bus, Menhub melakukan pengecekan protokol kesehatan, dari mulai titik keberangkatan hingga kedatangan, dari mulai pemeriksaan suhu badan, hingga pengecekan dokumen kesehatan.

2. Merupakan destinasi wisata unggulan

Koneksivitas Jadi Prioritas, KRL Komuter Jogja-Solo Segera BeroperasiDok. PT KAI Daops VI Yogyakarta

Menhub memilih kunjungannya ke Yogyakarta-Solo karena dinalai sebagai salah satu kota yang menjadi destinasi pariwisata unggulan Indonesia. Untuk itu pihaknya ingin memastikan para pengguna jasa transportasi merasa aman dan nyaman untuk bertransportasi baik melalui bandara, stasiun, dan terminal.

"Kami ingin masyarakat pengguna jasa transportasi di kota Yogyakarta dan Solo ini bisa tetap produktif beraktivitas dan bertransportasi, namun tetap aman dari penularan Covid-19. Kita harapkan sektor pariwisata di sini bisa semakin membaik," ungkapnya.

3. Koneksivitas Jogja-Solo semakin membaik

Koneksivitas Jadi Prioritas, KRL Komuter Jogja-Solo Segera BeroperasiJogja Tribunnews

Selain meninjau penerapan protokol kesehatan, Menhub juga meninjau progres pembangunan koneksivitas transportasi di Yogyakarta-Solo. Menurutnya, peningkatan konektivitas semakin membaik, dimana kedua kota ditunjang dengan pembangunan eletrifikasi jalur kereta api (KA) lintas Yogyakarta-Solo yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020.

Selain itu, dengan selesainya proyek elektrifikasi tersebut, maka kereta rel listrik (KRL) komuter dari Yogyakarta-Solo PP segera beroperasi.

"Konektivitas transportasi di kedua kota ini (Yogyakarta dan Solo) semakin meningkat," ungapnya.

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya