Nama Gibran Dijagokan Jadi Cagub DKI Jakarta oleh PDIP, Bareng Risma 

Gibran ngaku masih menunggu perintah dari Partai.

Surakarta, IDN Times - DPD PDIP Jakarta merilis 4 nama yang pantas maju sebagai dalam pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024 mendatang.

Salah satunya adalah putra sulung Presiden Jokowi yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Gibran dinilai berhasil memimpin Kota Solo sehingga menjadi pertimbangan internal partai.

Baca Juga: Gibran dan Dico Unggul untuk Pilgub Jateng, Sudah Sering Ketemu

1. Menunggu perintah partai.

Nama Gibran Dijagokan Jadi Cagub DKI Jakarta oleh PDIP, Bareng Risma ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Menanggapi kabar tersebut Gibran mengaku santai meski sudah digadang-gadang maju sebagai Pilgub DKI. Ia bahkan meminta awak media untuk tidak mambahas hal tersebut.

Kendati demikian, Ia mengaku masih menunggu perintah pemimpinan partai terkait keikutsertaannya di pilkada DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

"Yo nggak gimana-gimana. Ya saya nunggu perintah selanjutnya aja lah ya," katanya, Sabtu (11/2/2023).

2. Belum ada pandangan.

Nama Gibran Dijagokan Jadi Cagub DKI Jakarta oleh PDIP, Bareng Risma Gibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Ditanya soal sosok tiga calon lainnya, yakni mantan Wali Kota Surabaya yang saat ini menjabat Menteri Sosial, Tri Rismaharini, mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) yang juga mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Gibran menilai ketiga tokoh tersebut merupakan senior partai PDIP yang memiliki jabatan penting dan pengalaman di pemerintahan.

"Ya sekali lagi, dari 4 nama itu, yang 3 ini kan senior senior semua. Punya pengalaman yang luar biasa. Menteri menteri semua itu. Kalau saya sih ya masih banyak belajar lah ya," kilahnya.

Saat ditanyakan nama yang paling cocok maju Pilgub DKI Jakarta, kata Gibran, semuanya cocok. "Ya, dari ketiga itu cocok semua. Ya bu Risma, pak Anas, pak Hendi. Orang orang hebat semua, itu orang orang terbaik," katanya.

3. Gibran akui ketiganya tokoh yang hebat.

Nama Gibran Dijagokan Jadi Cagub DKI Jakarta oleh PDIP, Bareng Risma Gibran Rakabuming dan Megawati Soekarnoputri di Semarang. (Dok/Humas Pemkot Solo)

Diakuinya jika usia bukan faktor penghalang, namun menurutnya, ketiga tokoh memiliki kinerja yang baik. Meski ketiganya memiliki nama besar, Gibran mengaku tidak keder. "Yo nggak sih. Tapi beliau beliau aja lah ya. Aku tak di solo wae," ucap dia.

"Iya, jangan dihubungke kui. Makanya, kinerja beliau itu, tiga tiganya hebat semua. Aku sing paling cupu lah ya," katanya lagi.

Gibran menambahkan, ketiga kader PDIP itu lebih senior, berpengalaman dan menjabat menteri. "Aku kan cuma wali Kota saja. Masih banyak belajar," pungkasnya.

Baca Juga: Wacana Penunjukan Gubernur, Kata Gibran Kalau Bisa Seperti Sekarang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya