Comscore Tracker

Rapat Dengan Ganjar, Wali Kota Tegal Sebut Jumlah PDP Corona 5 Orang  

Tiga diantaranya telah dipulangkan karena negatif COVID-19

Tegal, IDN Times - Sedikitnya 35 kepala daerah kota dan kabupaten se-Jawa Tengah melakukan teleconference rapat koordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, perihal peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi Covid-19, Selasa (17/3) siang.

Baca Juga: Marak Virus Corona, Diminta Tutup, Karaoke dan Spa di Tegal Malah Buka

1. Kota Tegal rawat lima PDP, tiga diantaranya negatif

Rapat Dengan Ganjar, Wali Kota Tegal Sebut Jumlah PDP Corona 5 Orang  IDN Times/ Muchammad Haikal

Kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang didampingi Wakil Gubernur, H Taj Yasin, setiap Bupati Wali Kota memaparkan laporannya terkait kondisi dan situasi terkini di daerahnya masing-masing.

Termasuk Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono yang melaporkan bahwa di Kota Bahari telah menangani enam pasien dalam pengawasan (PDP) sejak Februari 2020. Tiga diantaranya telah dipulangkan karena hasil diagnosa negatif Covid-19.

"Tiga lainnya masih diisolasi dan menunggu hasil swab dari Litbangkes Kementerian Kesehatan," ungkap Dedy Yon.

2. Warga Tegal dan Pemalang yang baru saja pulang dari Bali dan Dubai

Rapat Dengan Ganjar, Wali Kota Tegal Sebut Jumlah PDP Corona 5 Orang  IDN Times/ Muchammad Haikal

Adapun tiga PDP tersebut merupakan warga Kabupaten Tegal dan Pemalang yang baru melakukan kunjungan ke Bali. Sementara satu PDP merupakan warga Kota Tegal yang diketahui seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Dubai, Uni Emirat Arab.

Lebih lanjut Wali Kota menegaskan, hasil swab tenggorok PDP akan dikirimkan Litbangkes Kementerian Kesehatan hari ini. Sedangkan untuk penanganan berikutnya, swab tenggorok dapat dilakukan di Yogyakarta.

3. Tempat wisata, hiburan dan sekolah ditutup sementara

Rapat Dengan Ganjar, Wali Kota Tegal Sebut Jumlah PDP Corona 5 Orang  IDN Times/ Muchammad Haikal

Dalam teleconference itu, Dedy Yon membeberkan bahwa dirinya telah menutup ruang publik yang meliputi empat obyek wisata, bioskop, karaoke, diskotik dan tempat pijat.

Untuk menangani PDP, RSUD Kardinah sudah menyiapkan empat ruang isolasi. Ditambah delapan ruang isolasi di RSI Harapan Anda, Kota Tegal.

4. Ganjar minta Bupati Wali Kota terus pantau perkembangan Covid-19

Rapat Dengan Ganjar, Wali Kota Tegal Sebut Jumlah PDP Corona 5 Orang  IDN Times/ Muchammad Haikal

Menanggapi beberapa laporan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta para kepala daerah untuk terus memantau perkembangan penanganan Covid-19. Baik itu penanganan pasien PDP maupun penutupan area publik demi peningkatan kewaspadaan.

Tak hanya itu, pria berambut putih ini juga meminta pelayanan publik tetap diberikan dengan menyesuaikan keadaan dan kondisi di lapangan. Sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan tidak terkatung-katung nasibnya.

"Terima kasih kepada seluruh Wali Kota maupun Bupati yang telah melapor. Saya minta betul-betul, pantau terus perkembangan di lapangan. Jaga betul-betul masyarakat," tutupnya.

Baca Juga: Tiga Acara Nasional di Tegal Terpaksa Dibatalkan Gegara Virus Corona

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya