Dirawat 5 Hari, Pasien A Warga Kudus Dinyatakan Negatif Virus Corona

Pasien langsung diperbolehkan pulang

Kudus, IDN Times - Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) dr Loekmonohadi Kudus mengumumkan hasil pemeriksaan pasien yang dirawat di ruang isolasi. Satu pasien yang berinisial A itu dinyatakan negatif virus corona atau Covid-19. Pasien hari ini, Kamis (12/3) diperbolehkan untuk pulang.

1. RSUD Kudus umumkan hasil sampel pasien yang dirawat di ruang isolasi

Dirawat 5 Hari, Pasien A Warga Kudus Dinyatakan Negatif Virus CoronaIDN Times/Aji

Pengumuman dilakukan langsung oleh Plt Bupati Kudus, HM Hartopo yang didampingi Direktur RSUD dr Loekmonohadi Kudus, Abdul Aziz Achyar dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Joko Dwi Putranto serta beberapa dokter lainnya.

Hartopo mengatakan, pasien tersebut dirawat sejak sepekan yang lalu di ruang isolasi karena diduga memiliki keluhan gejala virus corona. Apalagi, pasien diketahui sebelumnya pulang dari Korea.

“Kemarin virus corona ini menjadi permasalahan bukan di Indonesia saja. Melainkan seluruh dunia. Kemudian sampai bapak A ini tadi memang dari Korea pulang ke Indonesia. Serta setelah pulang didiagnosis, karena ternyata ada salah satu ciri dari indikasi corona,” ujar Hartopo dihadapan wartawan di ruang pertemuan di RSUD dr. Loekmonohadi Kudus.

Baca Juga: Agar Tak Bingung! Ini Jawaban 10 Pertanyaan Soal Virus Corona

2. Pasien A dirawat selama 5 hari

Dirawat 5 Hari, Pasien A Warga Kudus Dinyatakan Negatif Virus CoronaIDN Times/Aji

Menurutnya, salah satu ciri indikasi terjangkit virus tersebut adalah mengalami peradangan. Maka untuk sebagai bentuk kewaspadaan, pasien A dilakukan isolasi. Selanjutnya sampel atau spesimen dari pasien dikirim ke Litbangkes Kemenkes di Jakarta. Setelah lima hari, hasilnya diketahui negatif.

“Hasilnya turun kemarin dan dinyatakan negatif,” jelas Hartopo.

3. Pasien langsung diperbolehkan untuk pulang hari ini

Dirawat 5 Hari, Pasien A Warga Kudus Dinyatakan Negatif Virus CoronaIDN Times/Aji

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa pasien A dari awal tidak percaya jika dirinya terinfeksi virus corona. Dengan hasil negatif tersebut, pasien A diperbolehkan pulang ke rumah.

“Pemulangan hari ini dan biaya perawatan digratiskan,” ujarnya.

Meski demikian, Hartopo berharap di Kudus tidak ada indikasi warga yang terjangkit virus corona (COVID-19). Masyarakat, lanjutnya, juga agar tidak panik dan tetap waspada.

“Harus tetap jaga kebersihan dan melakukan pola hidup sehat,” tandasnya.

Baca Juga: Munas Alim Ulama dan Konbes NU di Rembang Ditunda Gegara Virus Corona

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya