RS Margono dan RSUD Banyumas Siapkan Ruang Isolasi Pasien Virus Corona

Siap tangani pasien virus corona

Banyumas, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Banyumas tetap menjalankan upaya pencegahan virus corona meskipun tidak ditemukan suspect virus ini. Upaya pencegahan yang dilakukan antara lain edukasi dan memasyarakatkan cara mencegah dan terhidar dari virus corona.

“Ada ataupun tidak ada yang terinfeksi virus corona, kami jajaran kesehatan Kabupaten Banyumas tetap melaksanakan sosialisasi dan edukasi cara mencegah dan terhindar dari virus corona,” kata Sadiyanto Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas.

 

Baca Juga: Pulau Sebaru Tempat WNI Diobservasi Virus Corona Punya Tommy Winata

1. Minta masyarakat berperilaku hidup bersih

RS Margono dan RSUD Banyumas Siapkan Ruang Isolasi Pasien Virus Coronapixabay.com/mohammedhasan

Sadiyanto mengatakan, perilaku hidup bersih bisa mencegah penularan virus corona. Ia mengatakan, cara paling mudah adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan dibilas dengan air yang mengalir.

"Tutup mulut saat bersin dan batuk, mengonsumsi makanan bergizi, masak daging dan telur sampai matang, dan hindari menyentuh hewan atau burung secara langsung," ujar dia.

Sadiyanto juga mengimbau agar segera memeriksakan diri ke klinik atau Puskesmas terdekat jika mengalami gejala demam, batuk, sesak napas, dan gangguan pernafasan lain serta memiliki riwayat perjalanan dari negara yang terajangkit virus corona.

Beberapa waktu lalu, Pemkab Banyumas sempat menempatkan petugas kesehatan di pintu keluar Stasiun Purwokerto. Setiap penumpang dicek menggunakan thermometer infra merah untuk mendeteksi suhu tubuh.

Hal ini untuk mendeteksi jika ada pengidap yang masuk melalui jaur darat, khususnya yang menggunakan moda transportasi kereta api. Namun pemkab menarik petugas ini.

”Sudah ditarik beberapa waktu lalu,” kata Supriyanto, Manajer Humas Daop 5 Purwokerto.

2. RSU Margono dan RS Banyumas siap tangani pasien virus corona

RS Margono dan RSUD Banyumas Siapkan Ruang Isolasi Pasien Virus CoronaIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Reja Gussafyn)

Di Banyumas sendiri ada dua rumah sakit yang ditunjuk Kementerian Kesehatan untuk merawat pasien suspect virus corona. Dua rumah sakit itu antara lain RSU Prof Dr Margono Soekarjo dan RSU Banyumas.

“Kita sudah sepakat bilamana ada yang terindikasi maka RSUD Margono yang tangani. Pencegahan sesuai SOP,” kata Bupati Banyumas, Achmad Husein.

3. Pasien virus corona dimasukkan ke ruang Isolasi

RS Margono dan RSUD Banyumas Siapkan Ruang Isolasi Pasien Virus Coronaidntimes/wirasanjiwani

Terpisah, Dr Mohamad Targib Alatas, dokter spesialis bedah syaraf RSU Margono mengatakan, prosedur penanganan pasien suspect virus corona antara lain pasien dirawat di ruang isolasi. Di ruang isolasi, dokter melakukan pemeriksaan darah dan paru pasien. Dokter juga melakukan pemeriksaan penunjang lain sesuai indikasi.

“Tidak semua bisa masuk ke situ (ruang isolasi,red),” kata dia.

RSU Margono memiliki empat ruang isolasi. Sementara RSU Banyumas memiliki dua ruang isolasi. Semua dokter yang terkait juga disiagakan ketika ada pasien virus corona.

“Tiga sampai lima orang (dokter,red) standby,” ujar dia.

Baca Juga: Cerita Penggali Kubur Saat Pemakaman Pasien Negatif Corona RS Kariadi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya