Comscore Tracker

Omzet SPBU Pertamina di Tol Pantura Melonjak Hingga Lima Kali Lipat

Penjualan tertinggi pada H+4

Semarang, IDN Times - Banyaknya masyarakat yang menggunakan jalan tol Trans Jawa selama arus mudik dan arus balik Idulfitri 2019 berimbas pada peningkatan konsumsi BBM. Konsumsi BBM di sejumlah SPBU sepanjang tol pada Lebaran tahun ini mengalami peningkatan hingga lima kali lipat dibandingkan pada 2018. 

Baca Juga: Pertamina Tambah Lagi Stok BBM Selama Arus Balik

1. Beberapa SPBU melampaui target penjualan sampai dua kali lipat

Omzet SPBU Pertamina di Tol Pantura Melonjak Hingga Lima Kali LipatANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Peningkatan konsumsi BBM terjadi hampir merata di beberapa SPBU tol Trans Jawa. Namun, dua SPBU di KM 389B Batang-Semarang dan KM 260B Brebes mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

"Dua SPBU itu naik di atas 200 persen saat puncak arus balik H+4 atau hari Minggu (9/6). Konsumsi BBM jenis bensin saat itu melonjak hingga mencapai 19.344 Kilo Liter (KL) per hari," kata General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng-DIY, Iin Febrian di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (13/6).

2. Pendapatan kios Pertamina juga naik

Omzet SPBU Pertamina di Tol Pantura Melonjak Hingga Lima Kali LipatANTARA FOTO/Feny Selly

Peningkatan juga terjadi di kios Pertamina Siaga yang tersebar di ruas B (Surabaya-Jakarta) tol trans Jawa. Rata-rata naik di atas 100%.

“Peningkatan tertinggi terjadi di kios Pertamina Siaga KM 282B Batang-Semarang pada H+5 arus balik atau Senin (10/6), sebesar 135 persen dari rata-rata harian normal sebesar 14 Kiloliter (KL) menjadi 33 KL," imbuh Iin.

3. Masih siaga mengantisipasi lonjakan hingga 20 Juni 2019

Omzet SPBU Pertamina di Tol Pantura Melonjak Hingga Lima Kali LipatIDNTimes/Dhana Kencana

Meskipun masa arus balik sudah tidak pada puncaknya, PT Pertamina akan terus mengoptimalkan stok dan layanan BBM di tol Trans Jawa. Terutama pada akhir pekan, Sabtu (15/6) dan Minggu (16/6).

Selain layanan 24 jam, PT Pertamina juga telah mencadangkan SPBU kantong untuk mengantisipasi lonjakan hingga 20 Juni 2019.

4. Direncanakan membangun 7 SPBU lagi di tol Trans Jawa

Omzet SPBU Pertamina di Tol Pantura Melonjak Hingga Lima Kali LipatIDN Times/Debbie Sutrisno

Tingginya animo masyarakat yang menggunakan jalan tol memaksa PT Pertamina membangun kembali tujuh SPBU di sepanjang tol Trans Jawa. Sebelumnya menjelang Lebaran 2019, sebanyak 10 SPBU telah disiapkan.

"Kita akan bangun tujuh SPBU lagi. Semoga bisa dipercepat dan 17 SPBU di sepanjang tol Trans Jawa bisa digunakan saat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," tutupnya.

Baca Juga: Tengah Malam Menteri Jonan Cek Layanan SPBU di Pantura, Ada Apa? 

Topic:

  • Nugroho Adi Purwoko

Berita Terkini Lainnya