Isak Tangis Warnai Kedatangan Jenazah Atlet Bulutangkis Syabda Perkasa

Jenazah langsung dimakamkan dalam satu liang lahat.

Sragen, IDN Times - Dua ambulans pembawa jenazah atlet bulu tangkis Syabda Perkasa Belawa bersama Ibunya Anik Sulistyowati tiba di rumah duka di Dusun Ngroto, Kelurahan Sumberjo, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah sekitar pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Detik-detik Syabda Meninggal Kecelakaan Tol Pemalang

1. Kedatangan jenazah diwarnai isak tangis.

Isak Tangis Warnai Kedatangan Jenazah Atlet Bulutangkis Syabda PerkasaIring-iringan mobil jenazah Syabda Perkasa dan ibunya. (IDN Times/Larasati Rey)

Suasana duka menyelimuti kediaman nenek Syabda tersebut, kedatangan dua jenazah yakni Syabda dan Anik disambut dengan isak tangis dari keluarga dan kerabat.

Kedua jenazah ibu anak ini sempat disemayamkan sekitar beberapa menit di rumah duka untuk disalatkan. Sejumlah kerabat dan tetangga pun langsung melakukan salat jenazah usai jenazah datang.

2. Dikebumikan bersama ibu dan neneknya.

Isak Tangis Warnai Kedatangan Jenazah Atlet Bulutangkis Syabda PerkasaAtlet bulutangkis Syabda Perkasa bersama ibunda. (Dok. Instagram @syabdaperkasa)

Usai disalatkan, kedua jenazah yang berada di dalam peti mati tersebut langsung dikebumikan ke TPU Karaban yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah duka. Jenazah Syabda dan ibunya dikebumikan satu liang lahat bersama neneknya.

Diberitakan sebelumnya, Syabda bersama kedua orang tua dan dua saudaranya melakukan perjalanan pulang dari rumahnya di Bekasi menuju Sragen untuk menghadiri pemakaman neneknya yang meninggal pada Minggu (19/3/2023) malam.

Naas, kendaraan yang mereka tumpangi yakni Toyota Camri mengalami kecelakaan di KM 314A Tol Pemalang pukul 03.40 WIB, Senin dini hari. Kendaraan yang dikemudikan sang ayah Muanis Hadi Sutamto menabrak kendaraan lain dari belakang saat melaju di jalan tol.

Akibatnya Syabda dan ibunya meninggal dunia, sedangkan ayah dan dua saudaranya mengalami luka-luka.

3. Syabda merupakan atlet Pelatnas Cipayung.

Isak Tangis Warnai Kedatangan Jenazah Atlet Bulutangkis Syabda PerkasaSyabda dan Popov Christo (Instagram.com/syabdaperkasa)

Dalam kariernya Syabda merupakan salah seorang atlet bulutangkis tunggal putra Pelatnas Cipayung. Atlet kelahiran Jakarta 25 Agustus 2001 itu meninggal dunia setelah bahkan menorehkan berbagai prestasi kejuaraan dunia, diantaranya memiliki tiga gelar di BWF International Chalengge. Menjadi kampiun Iran Fajr International 2023.

Syabda juga tergabung ke dalam skuad Piala Thomas 2022. Ia sempat menjadi pahlawan Indonesia saat turun di laga kelima kontra Korea Selatan di matchday pamungkas Grup A Piala Thomas 2022.

Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesi (PP PBSI) terpukul dengan berpulangnya atlet muda tersebut.

"Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Kami keluarga besar PP PBSI, insan bulutangkis, dan para pecinta bulu tangkis tentu merasa sangat kehilangan dengan meninggalnya Syabda, pemain yang memiliki talenta besar dan tangguh," ucap Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Baca Juga: Atlet Bulu Tangkis Syabda Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Ibunda

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya