Jalani Isolasi, Beredar Hoaks Bupati Cilacap Makin Parah karena COVID-19 

Sedang jalani isolasi mandiri di rumah dinas

Cilacap, IDN Times - Kondisi kesehatan Bupati Cilacap Tatto Suwarto dan istrinya Tetty Rohatiningsih yang terinfeksi positif COVID-19 dikabarkan menurun. Namun, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap membantah bahwa kabar tersebut tidak benar alias hoaks. 

1. Dinkes Cilacap mengklarifikasi berita hoaks tentang kondisi Bupati Cilacap dan istri

Jalani Isolasi, Beredar Hoaks Bupati Cilacap Makin Parah karena COVID-19 Ilustrasi Swab Test. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Pramesti Griana Dewi mengatakan, pihaknya mengklarifikasi terkait informasi tentang kondisi kesehatan Bupati Cilacap dan istrinya yang menurun selama menjalani isolasi mandiri sehingga harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap.

"Tidak benar berita kemarin bahwa kondisi beliau drop dan dilarikan ke rumah sakit. Saya membantah keras dan tidak pernah menyatakan seperti itu," ungkapnya melansir Antara, Senin (14/12/2020).

Baca Juga: Bupati Cilacap Positif COVID-19 Usai Bertemu Ketua BNPB, Doni Monardo

2. Saat ini kondisi orang nomor satu di Cilacap itu relatif stabil meski belum negatif COVID-19

Jalani Isolasi, Beredar Hoaks Bupati Cilacap Makin Parah karena COVID-19 Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, menyampaikan pernyataan telah terpapar COVID-19, Minggu (6/12/2020). Dok. Humas Pemkab Cilacap

Menurut dia, kondisi bupati beserta istrinya saat ini relatif stabil, hanya membutuhkan perawatan yang lebih optimal di RSUD Cilacap.

"Mohon doanya semoga Bapak Bupati dan Bu Tetty semakin sehat dan segera pulih kembali," katanya.

3. Bupati dan istri sedang jalani isolasi mandiri di rumah dinas

Jalani Isolasi, Beredar Hoaks Bupati Cilacap Makin Parah karena COVID-19 ilustrasi warga yang isolasi mandiri (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sementara itu, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan yang disampaikan pada Sabtu (5/12/2020). Adapun, istri dari Bupati Cilacap yang juga anggota DPR Tetty Rohatiningsih, dikonfirmasi positif COVID-19 setelah menjalani pemeriksaan pada Senin (7/12/2020).

Setelah dinyatakan terinfeksi virus corona, Bupati Cilacap dan istrinya menjalani isolasi mandiri di Rumah Dinas Bupati Cilacap.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Lewat Instagram, Bupati Purbalingga Umumkan Positif COVID-19  

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya