Pipa Resapan Terpasang di Daerah Rawan Kekeringan di Semarang 

PDAM diminta suplai air bersih

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang mengantisipasi terjadinya musim kemarau panjang atau El Nino dengan memasang pipa resapan di beberapa titik wilayah di Ibu Kota Jawa Tengah.

1. Pipa resapan dipasang di Sendangmulyo dan Jabungan

Pipa Resapan Terpasang di Daerah Rawan Kekeringan di Semarang Ilustrasi Sumur resapan air SMP 207 Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Wilayah yang disasar dan menjadi perhatian khusus antara lain, Kelurahan Sendangmulyo dan Jabungan. Pemasangan di lokasi tersebut menyusul dari pemasangan yang dilakukan pada Juni 2022 lalu.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pihaknya mengantisipasi kekeringan dengan memasang pipa resapan di beberapa titik yang rawan kekeringan.

“Meskipun, sampai sekarang belum ada laporan, tapi antisipasi pasti ada, karena konon akan terjadi El Nino. Kemarin sudah dibuat pipa resapan di Sendangmulyo dan Jabungan, harapannya tidak ada lagi kekeringan,” ungkapnya, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga: Efek El Nino Lemah dan Moderat, Kemarau di Jateng Tetap Diselingi Hujan

2. BMKG prediksi kemarau panjang hingga pertengahan tahun

Pipa Resapan Terpasang di Daerah Rawan Kekeringan di Semarang ANTARA FOTO/Arnas Padda

Pada Juni 2022, sebanyak 90 pipa resapan telah terpasang, terdiri atas 45 pipa resapan dipasang di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang dan 45 pipa di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik. Inovasi tersebut merupakan kolaborasi dengan Universitas Semarang (USM) dalam program pengabdian masyarakat yang kemudian dilanjutkan pada Desember 2022 sebanyak 22 pipa di Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang.

Sebelumnya, sempat viral beberapa informasi mengenai kemarau panjang yang akan terjadi di Indonesia pada pertengahan tahun 2023. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengeluarkan himbauannya kepada masyarakat agar dapat menyiapkan hal-hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi kemarau panjang tersebut.

3. Perbaiki pasokan air tanah

Pipa Resapan Terpasang di Daerah Rawan Kekeringan di Semarang Suplai air bersih macet di Kota Banda Aceh (IDN Times/Istimewa)

Perempuan yang akrab disapa Ita itu menyampaikan, pihaknya dan jajaran di Pemkot Semarang sudah mengantisipasi musim kemarau setiap tahunnya. Salah satu antisipasi yang dilakukan adalah dengan menyiapkan PDAM untuk nantinya dapat menyuplai air bersih.

"Sampai sekarang antara hujan dan panas masih on-off. Masih ada hujan. Memang ada yang menyampaikan informasi adanya El Nino kekeringan ekstrem. Tapi, di Semarang belum terjadi. Tentunya, kalau terjadi seperti itu (kekeringan), PDAM sudah siap menyuplai (air bersih) ya. Memang belum terjadi, tetapi antisipasinya tetap, seperti tahun lalu," jelasnya.

Pemasangan pipa resapan tersebut diharapkan dapat menghasilkan daya resap air hujan cukup tinggi. Sehingga, dapat berguna untuk memperbaiki pasokan air tanah sebagai cadangan saat musim kemarau, sekaligus sebagai langkah mengatasi banjir yang kerap terjadi di Kota Semarang.

Sementara, Pemkot Semarang juga gencar dalam upaya penanaman pohon khususnya di beberapa titik di Kota Semarang. Langkah tersebut menjadi perlu karena tidak hanya untuk memberi keteduhan kepada masyarakat tetapi juga sebagai penyerap air dan menyimpannya.

Baca Juga: Efek El Nino Lemah dan Moderat, Kemarau di Jateng Tetap Diselingi Hujan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya