15 Titik Hiburan Tahun Baru 2023 di Solo, Ada CFN Pesta Kembang Api

Tinggal pilih, kamu mau yang mana nih?

Surakarta, IDN Times - Peringatan tahun baru 2023 di Kota Solo, semakin meriah dengan dihadirkannya panggung hiburan serta car free night (CFN) pada tanggal 31 Desember 2022.

1. Digelar di sepanjang jalan protokol Kota Solo

15 Titik Hiburan Tahun Baru 2023 di Solo, Ada CFN Pesta Kembang ApiWarga tetap bisa beraktivitas di CFD Sriwedari Jalan Slamet Riyadi. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Gelaran CNF digelar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Jenderal Sudirman, Solo. Sepanjang jalan tersebut akan ditutup mulai pukul 21.00 WIB.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa menjelaskan, setelah sempat vakum selama dua tahun karena pandemi COVID-19, perayaan malam pergantian di Kota Solo bakal berlangsung meriah. Menurut dia, car free night bakal hadir di Solo saat malam tahun baru.

Car free night di gelar di Jalan Slamet Riyadi hingga Jensud (Jenderal Sudirman) atau dari Purwosari hingga balai kota. Kenapa sampai balai kota karena di sini ada lampionnya,” kata Teguh Prakosa saat ditemui di Balai Kota Solo, Sabtu (30/12/2022).

Baca Juga: Hore! Keraton Solo Buka Lagi untuk Umum, Tapi Museum Masih Tutup

2. Siapkan 8 panggung hiburan

15 Titik Hiburan Tahun Baru 2023 di Solo, Ada CFN Pesta Kembang ApiSuasana arus lalu lintas Jalan Ngarsopuro Solo yang menjadi simpul utama kirab resepsi pernikahan Kaesang-Erina masih terihat lenggang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Selama penyelenggaraan car free night, menurut Teguh mengatakan dalam perayaan pergantian tahun ada pertunjukan panggung hiburan sebanyak delapan titik di sepanjang jalan selama CFN berlangsung. Tak hanya pentas musik, tetapi juga akan menampilkan sejumlah kesenian tradisional.

“Yang di Gladag itu pertunjukan reog, terus di panggung lainnya itu akan ada pentas musik keroncong, musik rock, ada dangdut, kesenian karawitan dan lainnya,” katanya.

3. Malam tahun baru berakhir pukul 01.00 WIB

15 Titik Hiburan Tahun Baru 2023 di Solo, Ada CFN Pesta Kembang ApiSuasana CFD Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Tak hanya itu, Teguh juga mengatakan pada malam pergantian tahun akan ada pesta kembang api di dua lokasi di sepanjang jalur car free night. Diharapkan dengan pesta kembang api, sebagai penututp tahun sekaligus memeriahkan perayaan malam tahun baru di Solo.

“Pesta kembang api akan di Ngarsopuro dan balai kota. Pesta kembang api dilakukan saat detik-detik pergantian tahun,” pungkasnya.

Car free night di Solo sendiri akan dimulai pukul 09.00 WIB dan akan berakhir pada pukul 01.00 WIB. Ia pun berharap pelaksanaan malam tahun baru di Solo berlangsung dengan aman dan lancar.

"Car free night berakhir pukul 01.00 WIB. Ini memberikan waktu kepada para penjual untuk membongkar lapak dan membersihkannya,” katanya.

Usai mengelar CFN, Pemkot Solo juga akan tetap mengelar kegiatan Car Free Day (CFD) pada Minggu (1/1/2023) pagi.

4. Daftar 15 lokasi hiburan di Solo saat jelang Tahun Baru 2023

15 Titik Hiburan Tahun Baru 2023 di Solo, Ada CFN Pesta Kembang ApiIlustrasi pesta kembang api.unsplash

Sementara itu, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menyatakan ada 20 titik hiburan yang bisa dikunjungi oleh masyarakat saat perayaan pergantian tahun. Dari jumlah itu, sebanyak 15 titik hiburan ada di kawasan CFN. Sedangkan 5 titik hiburan lainnya tersebar di 5 kecamatan Kota Solo yang menampilkan masing-masing potensi kesenian daerah.

“Para pengunjung akan semakin seru menikmati pergantian tahun baru karena terdapat bazar ‘Street Food’ di sepanjang City Walk,” katanya sebagaimana dilansir laman resmi akun Twitter, @gibran_tweet, Sabtu (31/12/2022).

Adapun, kelima belas titik hiburan tersebut antara lain:

  1. Rel Bengkong Purwosari diisi Street Performance Gajah Krumpyung
  2. Depan Diamond diisi Panggung Musik R Slide Ska (SKA)
  3. Depan Polresta diisi Street Performance Lembu Sora
  4. Depan Dinas Sosial diisi Street Performance Jawul and Friends
  5. Depan Loji Gandrung diisi Panggung Musik Keroncong Sawunggaling
  6. Halaman Graha Wisata Sriwedari diisi Panggung Kethoprak Ngampoeng
  7. Depan BRI Slamet Riyadi diisi Panggung Musik D'Banditoz (Campursari Dangdut)
  8. Depan BTN KC Solo diisi Panggung Musik Fix U (Koes Plus)
  9. Perempatan Novotel diisi Panggung Musik Jeram (Rock Classic)
  10. Pertigaan CIMB Niaga diisi Panggung Musik OM. Bapersob (Orkes) & The Glow Ska
  11. Perempatan Ngarsopuro diisi Panggung Musik Bakar Musik (Pop Jawa)
  12. Depan Bank Jateng diisi Panggung Musik Dynamite Band (Top 40)
  13. Bundaran Gladag diisi Street Performance Reog
  14. Plaza BI diisi Street Performance Kemlaka Sound of Archipelago
  15. Halaman Balaikota diisi Sendratari Ramayana Soerya Soemirat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel di Solo yang Murah dan Nyaman

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya