Billboard Puan Kepak Sayap Selamatkan Usaha Advertising saat COVID-19

Gibran juga ikut pasang sesuai instruksi DPP PDIP

Surakarta, IDN Times - Fenomena banyaknya papan iklan (billboard) dan baliho Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertuliskan Kepak Sayap Kebhinekaan dan sosialisasi PPKM menjadi angin segar bagi pelaku usaha advertising, khususnya di Kota Solo, Jawa Tengah. Dengan adanya billboard tersebut, omzet dunia periklanan naik pada masa pandemik COVID-19.

1. Billboard Puan selamatkan industri advertising

Billboard Puan Kepak Sayap Selamatkan Usaha Advertising saat COVID-19Billboard Puan Maharani di Kota Solo (IDN Times/Larasati Rey)

Salah satu industri advertising yang meningkat siginifikan omzetnya adalah Gage Design Solo. Bambang Nugroho--atau yang dikenal dengan nama Bambang Gage--sang pemilik Gage Design Solo mengaku jika billboard dan baliho petinggi PDIP tersebut dipesan selama dua bulan.

"Ini sangat membantu sekali, terutama untuk kita pelaku advertising. Jujur selama masa pandemik COVID-19 ini banyak temen-temen pelaku advertising yang mengalami penurunan omzet sangat signifikan, bahkan beberapa dari mereka terpaksa merumahkan karyawannya," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Sabtu (7/8/2021).

Sebelum adanya billboard Puan Maharani, industri advertising hanya diisi sejumlah iklan layanan masyarakat dan telemedicine. Namun iklan tersebut tidak menutup biaya operasional dan pajak.

"Kalau saya Alhamdulillah tidak sampai ada pengurangan pegawai, tapi itu temen-temen advertising lainnya. Baliho dan billboard dari Ketua Umum (PDIP) ini bisa dibilang meningkatkan penghasilan hingga 20 persen," jelas Bambang Gage.

Baca Juga: Makna Billboard Puan Kepak Sayap Versi PDIP: Bersama Lawan COVID-19

2. Baliho dan billboard dipasang di ratusan lokasi

Billboard Puan Kepak Sayap Selamatkan Usaha Advertising saat COVID-19Billboard Puan Maharani di Kota Solo (IDN Times/Larasati Rey)

Khusus di Kota Solo, Bambang menyatakanada sebanyak 45 titik baliho dan billboard Puan Maharani yang dipasang. Kemudian di Aceh ada 5 titik, Sumatera Barat ada 2 titik, dan Yogyakarta 12 titik. Sisanya disebar di 34 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Jika ditotal, ada 201 201 titik baliho dan billboard yang dipesan di Bambang Gage dengan besaran biaya miliaran rupiah. 

"Kisaran harga baliho dan billboard sekitar Rp11 Juta hingga Rp 12Juta per bulan pemasangan. Besaran biaya baliho juga tergantung posisi dan daerah yang akan dipilih," ungkapnya.

3. Gibran akui pasang baliho Puan Maharani

Billboard Puan Kepak Sayap Selamatkan Usaha Advertising saat COVID-19Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku ikut memasang billboard Puan Maharani di sejumlah titik di Kota Surakarta. Pemasangannya sendiri berdasarkan dari instruksi DPP PDIP.

"Iya ikut, itu instruksi DPP PDIP," kata kader PDIP tersebut.

Gibran sendiri enggan merinci besar biaya yang ia keluarkan untuk memasang billboard Puan Maharani.

Baca Juga: PDIP Gotong Royong Biayai Billboard Kepak Sayap, Puan Ketawa-ketawa

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya