Comscore Tracker

Kecelakaan KA Brantas Vs Mobil Polisi di Sragen, 2 Jadwal KA Terganggu

Mobil patroli melintas di palang pintu KA yang tak terjaga

Sragen, IDN Times - Akibat kecelakaan maut antara KA Brantas dan mobil patroli polisi Polsek Kalijambe, pada Minggu (13/12/20) malam, dua jadwal kereta api terganggu. Dua KA tersebut mengalami penundaan keberangkatan hingga lebih dari dua jam.

1. Dua KA alami keterlambatan

Kecelakaan KA Brantas Vs Mobil Polisi di Sragen, 2 Jadwal KA TergangguMobil Polisi Polsek Kalijambe yang ringsek ditabrak KA Brantas. Dok.Basarnas

Baca Juga: [FOTO] Mobil Polisi yang Tertabrak KA, Terseret 100 Meter di Sragen

Manager Humas Daops VI Yogyakarta, Supriyanto mengatakan dua kereta api yang mengalami keterlambatan keberangakatan yakni KA Joglokerto dan KA Majapahit. Kedua kereta tersebut berhenti lama di Stasiun Sumberlawang dan Stasiun Kalioso.

"KA 192 (Joglosemarkerto) berhenti di Stasiun Sumberlawang pukul 03.00 WIB lambat 192 menit. KA 251 (Majapahit) berhenti di Stasiun Kalioso masuk Kalioso 03.16 WIB berangkat 04.45 WIB," ujarnya saat dihubungi IDNTimes.com Senin (14/12/20).

2. Kronologi kecelakaan versi KA

Kecelakaan KA Brantas Vs Mobil Polisi di Sragen, 2 Jadwal KA Tergangguhttps://regional.kompas.com/read/2019/05/07/18424441/terobos-palang-pintu-kereta-api-sanksi-denda-rp-750000-hingga-3-bulan

Supriyanto menjelaskan jika kejadian kecelakaan KA Brantas relasi Pasar Senen-Blitar dengan mobil patroli polisi terjadi pe perlintasan JPL 159 yang tidak dijaga. Kecelakaan terjadi pada Minggu (13/12/20) pukul 22.45 WIB di petak jarak antara Stasiun Salem dengan Stasiun Kalioso.

"Terima info dari masinis ka 118 (KA Brantas) bahwa KA nya telah tertemper Mobil diperlintasan JPL 159 (tidak terjaga) Km 96+2/5. Pukul 22.46 KA Brantas berhenti, dan memeriksa kondisi serta melaporkan kejadian dan minta lokomotif penolong untuk menarik rangkaian ke stasiun Kalioso," jelasnya.

Pukul 02.23 WIB lokomotif dari dinas penolong menarik rangkaian KA Brantas menuju ke Stasiun Kalioso. Dan pada pukul 03.21 WIB proses evakuasi mobil baru bisa dilakukan. KA Brantas sendiri diberangkatkan kembali dari Stasiun Kalioso menuju ke Stasiun Solo Jebres pada pukul 03.31 WIB dan terlambat 279 menit.

"Pada pukul 04.25 lokasi dinyatakan aman, jalur bisa dilalui dengan kecepatan terbatas, imbuhnya.

3. Himbau masyarakat lebih berhati-hati

Kecelakaan KA Brantas Vs Mobil Polisi di Sragen, 2 Jadwal KA TergangguIDN Times/Dhana Kencana

Lebih lanjut, PT KAI Daops Vi mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat melintas di perlintasan sebidang KA, baik dijaga maupun tidak terjaga.

"Berhenti sejenak, tengok kanan kiri dan pastikan tidak ada KA yang akan melintas," pungkasnya.

Kecelakaan KA Brantas dengan mobil patroli milik Polsek Kalijambe menewaskan dua tim gabungan TNI Polri yakni Pelda Eka Budi, anggota koramil serta Aipda Samsul Hadi dan Bripka Slamet Mulyono. Dan ssatu korban yakni Pelda Eka Budi (50) hingga kini belum ditemukan, diduga korban terlempar dari dalam mobil dan jatuh ke sungai Cemoro. Petugas gabungan hingga kini masih melakukan pencarian terhadap korban.

Baca Juga: 2 Polisi Tewas 1 TNI Hilang, KA Brantas Tabrak Mobil Patroli di Sragen

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya