Purnatugas, Seniman Solo Bikin Mural Rudy Cukur Gibran, Ini Pesannya

Sebagai bentuk ungkapan terima kasih.

Surakarta, IDN Times - Sejumlah seniman mural Kota Solo berinisiatif membuat karya mural yang didedikasikan kepada FX Hadi Rudyatmo. Mural tersebut diberikan sebagai bentuk ungkapan terima kasih karena Rudy telah purnatugas atau pensiun sejak 17 Februari 2021.

1. Seniman melukiskan kinerja Rudy selama menjabat Wali Kota Solo

Purnatugas, Seniman Solo Bikin Mural Rudy Cukur Gibran, Ini PesannyaMural Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Dok. IDN Times/bt

Salah satu mural tersebut berada di tembok panjang sebuah gudang di Jalan Juanda 240 Kota Surakarta. Mural tersebut menampilkan sisi jiwa yang merakyat dan mengayomi yang selama ada dalam sosok Rudy.

Salah seorang seniman, Irul Hidayat mengatakan karya mural tersebut diperuntukkan khusus untuk mengenang masa-masa FX Hadi Rudyatmo menjadi pimpinan Kota Solo.

"Ada empat mural bergambar Pak Rudy, dan mural naratif. Kita buat karena melihat jasa-jasa Pak Rudy yang besar di Solo," ungkapnya, Kamis (18/2/21).

Baca Juga: Purnatugas Wali Kota Solo, Rudy Mau Jadi Sultan dan Tukang Kayu

2. Ada karya Rudy mencukur Gibran Rakabuming

Purnatugas, Seniman Solo Bikin Mural Rudy Cukur Gibran, Ini PesannyaMural Rudy dengan Gibran Rakabuming. IDN Times/Larasati Rey

Dalam karya mural itu, tampak beberapa visual yang dikemas secara parodial. Yakni sosok figur Rudy dalam pose kepala plontos tengah mencukur Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan Wali Kota Surakarta terpilih periode berikutnya.

Visual itu seolah menggambarkan soal estafet kepemimpinan dan bentuk pengayoman serta bimbingan seorang Rudy kepada anak muda untuk berani berkorban ketika menjadi seorang pemimpin.

3. Menampilkan sosok Rudy yang sederhana

Purnatugas, Seniman Solo Bikin Mural Rudy Cukur Gibran, Ini PesannyaMural Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Istimewa

Selain menampilkan mural Rudy dan Gibran, sejumlah lukisan mural dengan gambar Rudy yang nampak sederhana dan bersahaja sedang berkendara naik sepeda motor, yang sangat epik dan familiar.

"Visual ini seakan meneguhkan sosok Rudy selama ini yang dikenal sebagai pemimpin yang sangat bersahaja, sederhana dan merakyat," ujar Irul.

Rudy dengan pakaian dinas putih bersih yang sedang menyapu turut divisualkan dalam mural tersebut. Visual itu seolah menggambarkan jiwa kepemimpinan Rudy selama 2 periode memimpin Kota Solo, yang selalu penuh kerja keras dalam memajukan kota kelahiran Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Kerja keras tersebut bahkan biasa beliau mulai dari hal-hal ringan dan sederhana, seperti menyapu, yang juga dapat diartikan sebagai simbol kebersihan kota dan simbol kecintaan pada pemerintahan yang bersih, seperti yang selama ini beliau bangun di kota Solo," ujarnya.

4. Ada mural naratif dengan pesan khusus untuk Rudy

Purnatugas, Seniman Solo Bikin Mural Rudy Cukur Gibran, Ini PesannyaMural Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Istimewa

Dari mural-mural itu, ada mural naratif, bertema sosok Rudy yang njawani dan berwibawa, dengan tagline  "Maturnuwun" di sekitar perempatan Ngarsopuro, Jalan Slamet Riyadi serta di Jalan Juanda sisi Timur Kota Surakarta.

Mural itu memiliki makna bentuk ungkapan terimakasih atas pengabdian Rudy bagi kota Solo, sekaligus juga sebagai penanda sejarah bahwa di Kota Surakarta pernah mempunyai figur wali kota yang unik, sederhana, dan merakyat.

"Selamat purnatugas Pak Rudy, Pengabdianmu bagi kota (Solo) ini akan selalu kami kenang," pungkas Irul.

Baca Juga: 3 Wasiat Rudy untuk Gibran Pimpin Kota Solo, Jangan Anti Kritik!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya