100 Tim Gamers Kumpul Tanding Turnamen Free Fire di Digifun Solo

Diharapkan bisa mencetak atlet esport baru

Surakarta, IDN Times - Sebanyak 100 tim gamers dari seluruh Indonesia mengikuti Turnamen esport (olahraga elektronik) Free Fire yang digelar secara online dan offline di Solo Paragon Mal, Jumat (26/8/2022). Turnamen Free Fire tersebut merupakan rangkaian dari Digifun Festival 2022 bertema The Future in Your Hand' Turnamen. Adapun, para tim gamers akan memperebutkan hadiah total Rp10 juta rupiah.

1. Pengembangan industri esport dan kreatif

100 Tim Gamers Kumpul Tanding Turnamen Free Fire di Digifun SoloTurnamen Free Fire. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua Umum Iespa Jateng, B.R.M Suryo Adhityo Nuswantoro mengatakan, Digifun Festival 2022 adalah event digital dan kreatif pertama di Kota Solo yang bekerja sama dengan Indonesian ESport Association dan Look Creative. Event itu, imbuhnya, sebagai upaya untuk mengembangkan industri digital terutama e-sport dan industri kreatif di Jawa Tengah.

Adapun, sebanyak 100 tim yang terdiri dari 4 orang akan mengikuti Turnamen Free Fire selama tiga hari itu, mulai tanggal 26--28 Agustus 2022.

"Kalau pesertanya sendiri dari free fire ada 100 tim yang terdiri dari 4 orang, kalau total sekitar 400--500 orang dari seluruh indonesia, dilaksanakan 3 hari secara offline dan online," katanya.

Dalam turnamen itu, para peserta akan memperebutkan hadiah total Rp 10 juta rupiah, untuk juara 1 sampai juara ke-6.

Baca Juga: Ketemu Gibran, Ketum PSI Ngaku Ngobrol Makanan dan Esport 

2. Potensi menumbuhkan atlet esport berbakat

100 Tim Gamers Kumpul Tanding Turnamen Free Fire di Digifun SoloEvent Digifun Festival 2022 di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Ketua Umum Iespa, RM Ibnu Sulistyo Riza Pradipto menjelaskan jika perkembangan esport di Indonesia tumbuh pesat, salah satunya di Jawa Tengah. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya atlet berprestasi dari Jawa Tengah yang memenangkan Festival Olahraga Kreasi Nasional di Palembang beberapa waktu lalu.

"Dengan Digifun Festival ini menjadi salah satu bukti bahwa animo teman-teman esport di Jateng ini luar biasa tidak hanya mereka konsumtif tapi juga produktif," katanya.

Lebih lanjut, Ibnu berharap, event Digifun Festival bisa digelar secara berkelanjutan, sehingga Jateng berpotensi mencetak atlet esport lebih banyak dan berprestasi.

3. Berpeluang ikut turnamen tingkat Dunia

100 Tim Gamers Kumpul Tanding Turnamen Free Fire di Digifun SoloKetua Umum Iespa, RM Ibnu Sulistyo Riza Pradipto. (IDN Times/Larasati Rey)

Hingga Agustus 2022, sudah ada 128 atlet esport Indonesia yang tergabung dalam Pelatnas. Ibnu menyebutkan, jika prestasi para atlet esport tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal itu dibuktikan dari banyaknya medali yang diraih atlet esport dalam SEA Games 2021.

"Atlet esport di Indonesia ini ada 128 itu yang masuk ke Pelatnas. Dan meraih medali dari games itu 2 emas, 3 perunggu, dan 1 perak," katanya.

Saat ini atlet esport banyak didominasi oleh atlet yang berasal dari Kalimantan. Ia berharap dengan adanya event mampu memunculkan bibit-bibit baru atlet esport untuk ikut serta dalam World Championship ESport yang digelar bulan Desember 2022.

Baca Juga: Dukung Esport, Gibran Sebut Bakal Buat Kompetisi Pub-G

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya