Bocah Kelas VI SD Temukan Granat di Area Tambak Pati

Granat ditemukan masih aktif

Pati, IDN Times - Warga Desa Tlogoharum Kecamatan Wedarijaksa, Pati digegerkan dengan adanya penemuan granat yang masih aktif di area pertambakan desa setempat pada Kamis (6/2). Akhirnya granat yang ditemukan itu diledakan dari lokasi ditemukan oleh pihak kepolisian. 

Baca Juga: Cari Batu Akik Malah Ketemu Granat, Gino Buru-buru ke Koramil

1. Ditemukan bocah kelas IV SD

Bocah Kelas VI SD Temukan Granat di Area Tambak PatiDok. Istimewa

Warga Agus Supriyadi mengungkapkan granat itu ditemukan pertama oleh anaknya yang masih duduk di kelas VI  SD. Awalnya ia mengajak anaknya ke tambak. Ketika anaknya bermain, tidak disangka putranya malahan menemukan senjata peledak tersebut.

"Itu awalnya saya mengajak putra saya ke tambak sekitar jam 16.00 WIB kemarin. Anak saya bermain di parit. Dan ketika saya sambangi menemukan granat itu," ujar dia pada Kamis (6/2).

Menurutnya, pada saat awalnya tidak menyangka bahwa anaknya sedang membawa benda yang mencurigakan. Setelah diamati, benda itu adalah granat.

"Saya teriak. Karena saya khawatir, itu granat jangan dimainkan. Satu yang dimainkan, tapi kayake ada satu lagi di dalam kaleng. Perkiraan dua, iya dari kaleng,“ terang dia.

2. Lapor kepada pemdes dan aparat kepolisian

Bocah Kelas VI SD Temukan Granat di Area Tambak PatiDok. Istimewa

Setelah itu kemudian, atas temuannya dia melaporkan kepada pemerintah desa setempat. Karena khawatir dengan dugaan granat itu masih aktif dan bisa meledak sewaktu-waktu.

"Kemudian temuannya itu kepada pihak pemerintah desa (Pemdes) Tlogoharum," lanjut dia.

Dia menduga, granat itu berasal dari sungai tengah yang membelah Tengah sawah desa Asempapan dan Tlogoharum Kecamatan Wedarijaksa.

"Dimungkinkan dari Sungai Tengah yang dikeruk tiga tahun lalu. Hingga akhirnya kaleng berisi granat itu ada di parit dan akhirnya dimainkan anak saya," tandas dia.

3. Temuan granat akhirnya diledakan oleh aparat kepolisian

Bocah Kelas VI SD Temukan Granat di Area Tambak PatiDok. Istimewa

Sementara itu, pada Kamis (6/2) ini dari pihak kepolisian telah datang dan memberikan garis polisi diarea pertambakan lokasi penemuan granat itu. Dari Team Jibom Gegana Sat Brimob Polda Jateng langsung turun ke lapangan.

Penemuan itu merupakan granat tangan aktif jenis manggis sebanyak tiga buah. Setelah dilakukan olah TKP oleh Jibom Gegana Polda Jateng. Selanjutnya benda temuan berupa tiga granat tangan aktif jenis manggis dan dua detonator kemudian diledakkan  di sebelah timur lokasi ditemukan kurang lebih 100 meter .

Baca Juga: Warga di Kebumen Terkejut ada Granat di Saluran Irigasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya