Sekolah Gratis! SMA 1 Kudus Kembalikan Rp200 Juta Uang SPP Siswa

Instruksi sekolah gratis Pemprov Jateng

Kudus, IDN Times - Ratusan wali murid di SMA Negeri 1 Kudus pada hari Kamis (20/2) menerima pengembalian pembayaran SPP. Pengembalian SPP ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan Gubernur Jawa Tengah sekolah gratis per Januari 2020 ini.

Baca Juga: SPP Gratis, Uang 486 Siswa SMA di Pati Dikembalikan Sekolah

1. Adanya kebijakan sekolah gratis dari Pemerintah Jawa Tengah

Sekolah Gratis! SMA 1 Kudus Kembalikan Rp200 Juta Uang SPP SiswaGubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan sidak ke Asrama Donohudan Boyolali lokasi tes CPNS Pemprov Jateng. Humas Jateng/Slam

Kepala SMA Negeri 1 Kudus Shodiqun mengungkapkan, pengembalian SPP ini merupakan instruksi dari Pemerintah Jawa Tengah. Kebijakan ini terkait dengan program sekolah gratis yang berlaku mulai Januari 2020.

“Setelah adanya kepastian cut off Desember 2019 kemarin itu. Kemudian pada hari ini kita tindaklanjuti dengan membagikan pengembalian SPP ini,” kata dia.

2. Jumlah SPP yang dikembalikan ada Rp 200 juta lebih

Sekolah Gratis! SMA 1 Kudus Kembalikan Rp200 Juta Uang SPP SiswaPengembalian uang SPP SMAN 2 Pati. Dok. SMAN 2 Pati

Pengembalian SPP ini kata dia, banyak siswa yang sudah terlanjur membayar SPP hingga bulan Juni 2020. Terkait jumlah SPP yang dikembalikan totalnya ada Rp 200 juta-an. Dengan jumlah siswa ada sebanyak 450 siswa.

“Itu mulai dari kelas X, kelas XI, dan kelas XII,” jelasnya.

Lanjut dia, sebab banyak siswa yang membayar hingga bulan Juni. Namun juga ada yang sudah membayar per Januari ini. Maka dari itu, pembayaran SPP itu kemudian dikembalikan kepada wali murid.

3. Wali murid antusias adanya kebijakan sekolah gratis

Sekolah Gratis! SMA 1 Kudus Kembalikan Rp200 Juta Uang SPP SiswaPengembalian uang SPP SMAN 2 Pati. Dok. SMAN 2 Pati

Sementara itu, di aula SMA Negeri 1 Kudus juga tampak ratusan wali murid yang mengantre untuk mendapatkan pengembalian SPP itu. Pada umumnya, wali murid mengaku senang dengan kebijakan ini. Apalagi, sangat membantu bagi keluarga yang memilik anak sekolah.

Hal ini seperti yag diungkapkan oleh salah satu Wali Murid Rinaldi. Menurut dia, menyambut baik kebijakan sekolah gratis ini. Karena melalui kebijakan ini dapat membantu keluarga.

Baca Juga: Kabar Gembira! Mulai 2020 Sekolah Gratis Untuk Siswa SMA/SMK di Jateng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya