Comscore Tracker

2.577 Polisi di Jateng Gelar Razia 14 Hari, Truk Overload Gak Ditilang

Ingat! Polisi dilarang tilang di jalan raya

Semarang, IDN Times - Sebanyak 2.577 polisi lalu lintas dikerahkan untuk merazia operasi keselamatan lalu lintas di Jawa Tengah. Setiap personel sudan diingatkan untuk melakukan tindakan preventif saat berada di ruas jalan raya. 

1. Dirlantas gelar razia selama 14 hari

2.577 Polisi di Jateng Gelar Razia 14 Hari, Truk Overload Gak DitilangDirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho memberikan keterangan soal pelanggaran dari rekaman ETLE. (IDN Times/Humas Polda Jateng)

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho memastikan bakal mengurangi penilangan terhadap pelanggar lalu lintas. Personelnya sudah diperintahkan untuk menonjolkan tindakan preventif dan imbauan yang edukatif.

"Kita siap hari ini gelar pasukan telah dilaksanakan. Secara serentak Operasi Keselamatan Lalu Lintas digelar selama 14 hari ke depan," ungkapnya, Selasa (1/3/2022). 

Baca Juga: Polantas Harus Simpatik, Polda Jateng Ingatkan Warga Tak Suap Petugas!

2. Polisi diminta untuk menilang lewat ETLE

2.577 Polisi di Jateng Gelar Razia 14 Hari, Truk Overload Gak DitilangANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Lebih lanjut, ia menjelaskan, walau berusaha mengurangi penilangan di jalan raya, akan tetapi tetap ada penugasan rutin penindakan terhadap para pelanggar lalu lintas. 

Upaya yang dilakukan dengan memaksimalkan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

"Apalagi saat ini ada ribuan kamera ETLE terpasang yang mengawasi pengguna jalan. Makanya kita tilang pakai ETLE," imbuhnya. 

3. Truk ODOL bebas wara-wiri di Jawa Tengah

2.577 Polisi di Jateng Gelar Razia 14 Hari, Truk Overload Gak DitilangTruk-truk ODOL yang terkena razia aparat Polri. Foto istimewa

Soal keberadaan truk-truk over dimensi dan overload (ODOL) yang masih beredar di jalanan, pihaknya menegaskan kendaraan tersebut idak termasuk sasaran penindakan. 

Pihaknya sudah memerintahkan Polantas sebatas menyosialisasikan aturan lalu lintas bagi para sopir truk ODOL. 

"Jika anggota di lapangan menemukan pelanggaran truk ODOL, maka upaya yang dikedepankan yaitu sosialisasi dan edukasi. Penindakan adalah upaya yang terakhir," tegasnya. 

4. Irwasda minta polisi utamakan edukasi saja

2.577 Polisi di Jateng Gelar Razia 14 Hari, Truk Overload Gak DitilangIrwasda Polda Jateng Kombes Pol Untung Sudarto. (IDN Times/Humas Polda Jateng)

Sedangkan, Irwasda Kombes Pol Untung Sudarto menyampaikan, ada 2.577 personel polisi lalu lintas yang diterjunkan selama razia 14 hari. 

"Kita kedepankan aspek edukasi masyarakat dan memaksimalkan upaya memutus rantai penyebaran COVID-19," kata Untung. 

Baca Juga: Kemenhub Perketat Penegakan Aturan Truk ODOL 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya