Comscore Tracker

Ikrar Kembali ke NKRI, 26 Napi Teroris Dapat Remisi Lebaran

Lapas Purwokerto paling banyak ajukan remisi

Semarang, IDN Times - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah, akan memberikan potongan masa tahanan (remisi) kepada 26 napi kasus terorisme saat Lebaran nanti. Remisi diberikan dengan syarat napi kasus terorisme menyatakan setia kepada Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

1. Narapidana teroris yang dapat remisi sudah berjanji kembali kepada NKRI

Ikrar Kembali ke NKRI, 26 Napi Teroris Dapat Remisi LebaranIDN Times/Axel Joshua Harianja

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Wilayah Jawa Tengah, Marasidin Siregar mengungkapkan pemberian remisi bagi narapidana terorisme atas berbagai pertimbangan. 

Menurutnya ada 26 narapidana yang sudah dinyatakan memiliki putusan hukum yang berkekuatan tetap dan bukan merupakan terpidana mati atau seumur hidup. Remisi diberikan jika kepada napi yang sudah menjalani 1/3 masa pidana, berkelakuan baik, dan  berikrar setia kepada NKRI.

"Kami memantau perilaku setiap napi terorisme. Kalau berperilaku baik ya bisa diusulkan dapat remisi sesuai ketentuan lapas," kata Marasidin kepada IDN Times, Jumat (31/5).

Baca Juga: Uang Makan Napi Membengkak, Kemenkumham Minta Tambah Anggaran

2. Nama napi teroris yang dapat remisi masih dirahasiakan

Ikrar Kembali ke NKRI, 26 Napi Teroris Dapat Remisi LebaranPixabay.com

Marasidin mengaku pihaknya sudah mengantongi nama-nama napi terorisme yang mendapat remisi pada Lebaran tahun ini. Namun, dia belum bisa menyebutkan nama-nama yang akan mendapat remisi tersebut.

"Nama-namanya sudah kami kantongi. Tapi tidak bisa dijabarkan ke publik dengan pertimbangan faktor teknis," katanya.

Lebih lanjut, dia menyatakan narapidana terorisme termasuk dalam PP Nomor 28/2006 dan PP 99/2012. Selain itu, ada pula narapidana narkotika dan prekusor narkotika, psikotropika, kejahatan terhadap keamanan negara, kejahatan HAM berat, serta kejahatan transnasional terorganisasi.

Baca Juga: 1001 Napi Lapas Kelas I Cipinang Dapat Remisi Lebaran

3. Sebanyak 66 napi langsung bebas saat lebaran

Ikrar Kembali ke NKRI, 26 Napi Teroris Dapat Remisi LebaranIDN Times/Imam Rosidin

Marasidin menyampaikan jumlah napi yang mendapat remisi berjumlah 5.773 orang. Rinciannya adalah 4.558 napi kasus umum, 1.134 napi kasus narkotika, 21 napi kasus tindak pidana korupsi, 27 napi kasus pencurian kayu, empat orang kasus human traficking dan tiga orang kasus pencucian uang.

"Ada 66 napi yang dinyatakan langsung bebas. Pemberian remisi sesuai instruksi Kemenkumham saat Idulfitri. Sisanya masih harus menjalani masa hukumannya," kata dia.

Pihaknya mengungkapkan Lapas Purwokerto paling banyak mengajukan remisi tahun ini. Jumlah narapidana yang diusulkan dapat remisi mencapai 471 orang. Di antaranya narapidana kasus korupsi dan terorisme.

4. Pemberian remisi diklaim mampu hemat anggaran

Ikrar Kembali ke NKRI, 26 Napi Teroris Dapat Remisi LebaranFacebook.com/Formatpas

Marasidin mengklaim pemberian remisi untuk mendukung penghematan anggaran yang sedang digencarkan pemerintah pusat. Dengan adanya remisi Lebaran kali ini, pihaknya mengklaim bisa mengurangi jatah biaya kebutuhan makanan bagi warga binaan di lapas sebesar Rp 2,9 miliar.

"Tingkat hunian rutan dan lapas di wilayah Jateng sangat tinggi. Saat ini ada 3.221 tahanan dan 10.429 napi, atau total 13.650 orang yang ada di lapas dan rutan seluruh Jateng," jelasnya.

Baca Juga: Kala Napi dan Keluarga Bisa Berbuka Puasa Bersama di Lapas Siantar

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Nugroho Adi Purwoko

Just For You