Dampak Banjir Jakarta Penerbangan Solo - Halim Sempat Ditutup

Kini sudah kembali beroperasi

Solo, IDN Times - Dampak terjadinya banjir di Jakarta ikut juga dirasakan penumpang dari Bandara Adi Soemarmo Solo yang menuju ke Bandara Halim Perdanakusuma.

1. Penerbangan Rute Solo-Halim kembali beroperasi setelah sempat ditutup

Dampak Banjir Jakarta Penerbangan Solo - Halim Sempat DitutupLandasan Halim Perdana Kusumah tergenang banjir (Twitter/BNPB)

Penerbangan rute Bandara Adi Soemarmo Solo-Halim Perdanakusuma Jakarta maupun sebaliknya kembali sempat ditutup akibat landasan di Bandara Halim terdampak banjir. Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Danar Dewi menyebutkan penerbangan rute tersebut sempat ditutup, namun hari ini, Kamis (2/1) telah dibuka kembali.

"Hari ini penerbangan dari Halim-Solo-Halim operasionalnya sudah normal kembali," kata Pejabat Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Danar Dewi di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan ada empat penerbangan dengan rute tersebut, yaitu tiga dari maskapai penerbangan Citilink dan satu dari Batik Air.

"Untuk maskapai dari Citilink dengan nomor penerbangan QG 120/121, QG 122/123, dan QG 126/127. Sedangkan dari Batik Air dengan nomor penerbangan ID 7041/7040. Seluruhnya dengan rute Halim-Solo-Halim," katanya seperti dilansir dari kantor berita Antara.

2. Maskapai melakukan refund tiket ke penumpang

Dampak Banjir Jakarta Penerbangan Solo - Halim Sempat DitutupIDN Times/Larasati Rey

Terkait penutupan, tepatnya pada Rabu (1/1) ada satu maskapai yang terkena dampak dari ditutupnya Bandara Halim Perdanakusuma akibat banjir, yaitu Citilink.

"Pada hari tersebut ada dua jadwal penerbangan Citilink yang semuanya dilakukan "refund" atau pengembalian uang tiket maupun "resched" atau penjadwalan ulang," katanya.

Ia mengatakan untuk jadwal penerbangan pertama Citilink pada hari ini yaitu pukul 07.50-08.45 WIB dengan nomor penerbangan QG120/121. Berdasarkan catatan, dikatakannya, untuk penerbangan tersebut membawa sebanyak 80 penumpang.

"Penerbangan yang kedua yaitu pukul 11.10-11.40 WIB, dengan nomor penerbangan QG 122/123. Penerbangan ini membawa 147 penumpang," katanya.

3. Menhub pastikan Bandara Halim bisa kembali beroperasi sejak Rabu sore

Dampak Banjir Jakarta Penerbangan Solo - Halim Sempat DitutupAntara News/Katriana

Sebelumnya, usai melakukan peninjauan secara langsung di Bandara Halim Perdanakusuma, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi memastikan bandara tersebut bisa mulai beroperasi secara normal pada Kamis (2/1).

Operasional Bandara Halim Perdanakusuma sendiri telah dibuka sejak Rabu (1/1) pukul 14.30 WIB.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya